Cuaca Panas Hambat Aktivitas Kamu? Coba Lakukan 5 Tips Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bulan November, seharusnya sudah memasuki musim penghujan. Namun, dibeberapa wilayah Indonesia belum juga turun hujan dan mengalami kekeringan karena panas yang terik sekali.

Dikutip dari akun twitter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) @infoBMKG, penyebab suhu panas yang esktrem ini ada hubungannya dengan gerak semu matahari.

Hal ini menyebabkan terjadinya radiasi matahari ke permukaan bumi yang menyebabkan kenaikan suhu udara pada siang  hari.

Cuaca yang ekstrem ini bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit, dehidrasi, bahkan mempengaruhi kegiatan manusia seperti kegiatan cocok tanam para petani. Akibatnya banyak orang kemudian memilih untuk berdiam diri di rumah tak melakukan apapun.

Nah, buat kamu yang ingin tetap lancar beraktivitas ditengah cuaca panas simak tips berikut ini yuk!

  1. Minum air putih

Cuaca yang panas menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan setiap harinya. Maka dari itu kamu disarankan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi dengan minuman isotonik untuk menggantikan garam dan mineral yang hilang dari tubuh kamu.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan kamu. Selain akan membuat kamu segar dicuaca panas, buah dan sayur juga menjadi salah satu asupan nutrisi loh.

  1. Gunakan pakaian tipis dan nyaman

Buat kamu yang merasa punya pori-pori besar dibeberapa bagian tubuh, cuaca panas ini akan membuat kamu gampang berkeringat. Kamu bisa menggunakan pakaian dengan berbahan katun yang tipis dan menyerap keringat. Jadi kamu nggak bakal kegerahan deh!

  1. Berada di dalam ruangan

Dicuaca ekstrem seperti ini, kamu jangan terlalu lama berada di luar ruangan atau terkena sinar matahari langsung. Hal itu bisa menyebabkan kamu dehidrasi gaes! Kamu bisa beraktivitas di dalam ruangan dan pastikan ruangan kamu ber-AC ya biar lebih nyaman.

  1. Gunakan pelembab

Cuaca panas dan kering akan berpengaruh juga loh ke kondisi kulit kita, bisa jadi kulit kita ikut dehidrasi dan kering juga. Untuk mengatasi itu, kamu bisa menggunakan pelembab di aera wajah, tangan dan kaki. (Hutri Dirga)

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini