Jamet Kuproy (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa hari terakhir media sosial diramaikan dengan video seorang pria joget diiringi lagu “Tiktok Dinding Badinding”. Melihat gaya dan penampilan pria itu, netizen pun menyebutnya ‘jamet kuproy’.

Seketika, ‘jamet kuproy’ menjadi salah satu pembicaraan di dunia maya yang lagi viral. Berkat ciri khas yang dimilikinya, kini nama jamet kuproy melejit menjadi trending topik di sosial media.

Dari keterangan pengguna Facebook yang mengunggah video mereka. Jamet kuproy merupakan sebuah grup pemuda yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya berasal dari daerah Madura.

Lantas yang jadi pertanyaan, seperti apa sih sebanarnya arti ‘jamet kuproy’?

Sebenarnya sebutan jamet bukan hal baru dan memang sudah familiar di telinga kita. Jamet kuproy sebenarnya adalah dua kata yang masing-masing katanya sendiri merupakan suatu singkatan.

Jamet adalah sebuah istilah yang memiliki singkatan ‘jawa metal’. Tapi ada juga yang mengartikan jamet ‘jajal metal’, yang berarti bahwa orang ini mau belagak keren dengan menyukai sesuatu yang berbau musik metal.

BACA JUGA: Viral! Emak-emak Cantik di TikTok Bikin Iri Netizen, Anaknya Udah 5

Pada intinya ini merupakan sebutan orang kota kepada seseorang yang berpenampilan seperti emo dan anak metal. Sebab, mereka memiliki gaya rambut tengah seperti anak punk, namun bagian samping lurus memanjang kesamping telinga.

Nah, sedangkan kuproy merupakan singkatandari kuli proyek.Kata ini muncul berdasarkan dari banyaknya para netizen yang memberikan julukan pada video tersebut.

Dengan isitilah lain orang yang panggil kuproy berarti orang yang sifatnya kaya orang-orang proyek atau bangunan. Atau kebanyakan dari mereka memang berprofesi sebagai kuli dari proyek pembangunan.

Nah, kalau diperhatikan penampilan mereka sangatlah beragam, namun tetap menunjukkan bahwa mereka adalah jamet kuproy. Yang paling khas ialah penampilannya menggunakan baju ukuran sangat besar dibanding ukuran postur tubuhnya.

Masih penasaran dengan jamet kuproy? Berikut 5 fakatanya!

1. Orang Jawa

Banyak yang bilang jamet kuproy ini berasal dari daerah Jawa Timur, tepatnya berasal dari daerah Madura. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jika mereka bukan hanya orang jawa saja.

2. Baju kebesaran

Ini merupakan salah satu ciri khas jamet kuproy, ereka sangat menyukai pakaian yang berukuran besar. Padahal postur tubuh mereka kurus-kurus dan bisa dibilang cungkring.

3. Celana pensil kedodoran

Mereka salah satu penggemar celana pensil. Disetiap video terbaru ya mereka selalu menggunakan celana pensil. Ada yang sobek-sobek juga. Satu lagi, dipakainya agak ke bawah kaya yang pernah di-tren-kan Justin Bieber.

BACA JUGA: Viral! Dinda Safay Bikin Tips Anti-Coronavirus, Ngaco dan Berbahaya!

4. Rambut segi lancip lurus

Mereka memiliki potongan rambut yang sangat unik. Memiliki rambut panjang yang ditata rapi sehingga membentuk sebuah segitiga alias potong segi. Ujung rambutnya pun dibuat lancip.

5. Suka joget

Setelah video mereka di bagikan di facebook, nama jamet kuproy terus melambung sampai sekarang. Awalnya, aksi joget jamet kuproy ini viral karena menggunakan aplikasi TikTok, yang kebanyakan digunakan untuk berjoget.

Jadi, sudah tahu kan apa itu jamet kuproy? Berminat untuk menjadi seperti mereka?

9 KOMENTAR

  1. Informasinya jelas sih, tpi ada sedikit tambahan nih sebenarnya kalo bicara sejarah soal “kata” Jamet itu udh lama boy ,mungkin dari tahun 2009 an di bandung udh populer banget tpi cuma bagi orang” tertentu dan anti alay dan ga nolep, dan satu lagi sebenrnya jamet itu bukan hanya bermaksud ke jawa metal doang yang bergaya seperti itu ,karena jamet itu bisa berbagai hal ,contohnya nolep ,setelan korea yang berlebihan ,jeans terlalu ketat ,karena kata jamet sendiri sebenarnya lahir dari lingkungan suporter ,kala itu casual ,atau suporter yg memiliki gaya perbedaan dari suporter lain ,jadi jnganpada so tau ya ,bilang jamet jamet ,pdhal kalian sendiri lebih jamet

  2. Bahkan kalian sendiri ga tau kan arti jamet itu apa? Yang seperti apa aja, yang kalian tau cuma orang jawa yang bergaya aneh , kocak ,hahh musiman. Kalian cuma ngikutin zaman doang, kata” jamet itu asal muasalnya dari lingkungan suporter, FlowerCity Casual , anak” Jakarta dan Bandung yang pertama ngepopulerin ini, sebenernya ini bisa dibilang hinaan ,cacian ,atau guyonan ke satu teman lainnya ,karena jamet itu bisa beberapa hal, kalian tau? Jamet itu banyak hal, ada nolep ,kalian aja belum tentu tau nolep, terus dulu itu sempet hinaan jamet itu dituju ke orang yang fans berat korea, karena dinilai setelan terlalu feminim, terus bagi orang” yang membeli pakaian aneh bin alay ,walaupun ga kuproy tapi kalo aneh itu udh kebilang jamet. Tapi penjelasan ini bukan berarti banggaan seolah-olah Casual itu paling keren ,enggak loh. karena ini cuma sekedar guyonan bagi lingkungan mereka sendiri ,candaan grup mereka ,karena mereka sendiri memiliki setelan ciri khas sendiri ,kaya sergio tachini, parka ,lionsdale ,kalian aja belum tentu tau lionsdale atau bahkan cp company itu apa, itu setelan khas mereka ,dan bagi mereka setelan yang diluar itu mereka anggap jamet ,itu sejarahnya. Sekali lagi bukan bearti mereka merasa paling keren, ini cuma sekedar guyonan versi mereka sendiri makanya suka ngakak liat orang” apalagi ciwik” yang berlagak ngehina orang jamet” pdhal mereka sendiri itu jamet kalo dipandang menurut versi asli si pencipta nya ,Casual. Tapi karena berkembangnya zaman ,sosmed makin ramai ,makanya susah sih ambil kebijakannya ,kalian aja pasti 80℅ disini tau kata jamet itu baru skrang2 😁, 2009 loh di bandung udh terkenal kalian ketinggalan brpa taun 😅 dan kalo dulu, jamet itu dituju ke orang” yang ga tau casual atau suporter sepak bola itu ,itu berarti kalian juga jamet 😅

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here