Cikini dan Rawamangun! Jadi Lokasi Nobar Saturnus 'Dilahap' Bulan Malam Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Woro-woro! Tepat Minggu malam, 8 September 2019, langit Indonesia bakal menyuguhkan fenomena alam antariksa. Fenomena tersebut yakni kemunculan Saturnus di balik Bulan.
Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena ini disebut sebagai Okultasi Saturnus. Sebuah peristiwa astronomis ketika sebuah benda langit tampak dlintasi benda langit lainnya berdasarkan sudut pandang pengamat.
“Okultasi terjadi ketika objek berukuran relatif lebih besar menutupi atau melintas di depan objek yang berukuran lebih kecil jika diamati dari Bumi,” kata LAPAN di akun Twitter resminya.
Masyarakat pun bisa mengamati secara langsung planet bercincin ini secara bersamaan dengan Bulan, tanpa instrumen tambahan. Nah, untuk menyaksikan kejadian alam ini, ada baiknya kalian mencari posisi kedua objek tersebut di langit.
Kedua benda langit ini cukup mudah dikenali. Artinya, tidak ada kesulitan untuk mencari posisi keduanya. “(Fenomena alam ini) dapat diamati di wilayah Pulau Jawa, Papua, Kalimantan Selatan, dan wilayah di sekitarnya,” kata LAPAN.
Berikut wilayah Indonesia yang bisa nobar detik-detik Okultasi Saturnus malam ini:

Okultasi Saturnus
Okultasi Saturnus

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini