Cha Ruoi, Omelet Cacing Asal Vietnam dengan Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Omelet atau dadar sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Omelet pada umumnya dibuat dari telur dan menggunakan campuran seperti ikan atau udang, namun kali ini ada yang berbeda, di Vietnam ada omlete yang terbuat dari cacing tanah.

Di Vietnam omelet cacing ini biasa disebut dengan chả rươi. Makanan ini sekilas terlihat seperti telur dadar biasa atau semacam pancake telur yang disajikan dengan saus ikan dan sayuran.

Omelet ini memliki tepian yang kecokelatan dan tekstur nampak seperti daging. Namun, ada satu bahan utama dalam chả rươi yang mungkin sebagian orang akan menganggap jijik, yaitu cacing tanah.

Omelet yang terkenal sebagai telur dadar sandworm ini adalah hidangan Vietnam langka yang populer di Utara, terutama Hanoi.

Mencari cacing untuk bahan cha ruoi tidak mudah bagi penduduk setempat, karena cacing yang tinggal di lahan basah utara dan hanya dapat ditemukan pada musim gugur. Untuk sisa tahun ini, mereka menggunakan cacing tanah yang dibekukan, namun chả rươi terbaik menggunakan cacing yang segar.

Sebagian besar cacing berasal dari petani yang menjual ke Hanoi dan Cina. Sebelum memasak, koki harus terlebih dahulu membilas cacing dengan air panas untuk menghilangkan tentakelnya, seperti dikutip dari atlasobscura.com.

Cacing-cacing tersebut kemudian dicampur dengan telur, kulit jeruk, bawang, adas, daging babi, dan rempah-rempah, lalu digoreng hingga berwarna cokelat. Hangat dan kaya protein, itu adalah hidangan favorit saat cuaca dingin.

Berani mencobanya? Meskipun kelihatannya seperti aneh, jangan salah, ternyata cacing tanah juga punya manfaat untuk kesehatan loh! Berikut beberapa manfaatnya:

• Sumber nutrisi

Cacing tanah mengandung vitamin dan mineral, seperti zat besi dan kalsium, dengan konsentrasi yang tinggi. Selain itu, punya kandungan protein 60-70 persen di dalam tubuhnya dan sedikit lemak, dan kandungan asam amino dalam cacing tanah mencapai 78-79 gram tiap liter.

• Obat alami untuk mengatasi peradangan

Cacing tanah juga mengandung senyawa organik, yaitu lumbrokinase, yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh hiperkoagulasi. Senyawa tersebut sudah sering digunakan sebagai bahan suplemen makanan.

• Obat alami untuk mengatasi gangguan sistem saraf

Cacing tanah jenis Pheretima aspergilum memiliki peran pada regenerasi sel saraf. Cacing ini berpotensi memperbaiki jalur sinyal pada sel Schwann. Sel ini merupakan bagian yang memiliki peran penting dalam penyembuhan saraf yang rusak.

(Mila Arinda)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini