Cewek-cewek Merapat, Ini Cara Tahu Produk Make Up yang Sudah Kadaluarsa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berkembangnya produk kosmetik khususnya brand lokal tengah menjamur saat ini. Harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang bagus, membuat kaum Hawa tergiur untuk memborongnya.

Bahkan, mereka sering kali menumpuk produk yang sama lho! Hal ini menyebabkan peralatan kosmetik yang mereka punya jadi tak terpakai dan tersimpan lama.

Nah, kalau sudah begini kamu patut waspada. Pasalnya, bisa saja produk yang kamu beli untuk stok persediaan make-up kamu justru sudah terlalu lama dan kadaluarsa.

Untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri kosmetik yang kadaluarsa berdasarkan produknya, yuk simak tips berikut ini!

1. Lipstick

Setiap cewek pasti memiliki lipstick untuk mempercantik penampilannya sehari-hari, bukan? Nah, kira-kira kamu punya berapa stok lipstick di rumah?

Jika kamu memiliki banyak koleksi dan stok lipstick, ada baiknya kamu memeriksanya satu per satu. Apakah lisptick tersebut masih layak pakai atau ada salah satu yang sudah kadaluarsa.

Dilansir dari Halodoc, lipstick yang sudah kadaluarsa akan menunjukkan perubahan tekstur dan aroma. Biasanya lipstik yang sudah kadaluarsa juga akan susah untuk diaplikasikan ke bibir.

2. Foundation

Foundation atau alas bedak merupakan produk yang juga wajib dimiliki wanita. Sebab, foundation bisa membantumu menutupi noda atau jerawat yang ada di wajah.

Pada dasarnya, foundation hanya bertahan selama enam bulan sejak dibuka pertama kali ya gaes. Biasanya foundation yang kadaluarsa akan menunjukan ciri aroma yang tak sedap, perubahan tekstur dan perubahan warna.

Nah, jika foundation kamu bentuknya sudah seperti itu, sebaiknya jangan kamu pakai lagi ya. Selain bisa merusak hasil make up, foundation kadaluarsa juga bisa berbahaya untuk kesehatan kulitmu.

3. Maskara

Untuk mempercantik bulu mata agar lentik dan tebal, maskara adalah jawabannya. Produk ini merupakan salah satu yang gak boleh ketinggalan dimiliki kaum Hawa.

Sayangnya, maskara bukanlah tipe kosmetik yang bertahan lama. Saat kadaluara, maskara akan menunjukkan aroma yang tak sedap dan tekstur yang berubah ketika sudah kadaluarsa. Umumnya maskara hanya bertahan dua sampai tiga bulan saja.

4. Bedak/Face Powder

Gak afdol rasanya merias wajah tanpa menggunakan bedak. Bedak atau face powder merupakan jenis kosmetik yang memiliki jangka waktu cukup lama, yakni dua tahun.

Tapi, jika sudah lebih dari waktu tersebut, bedakmu bisa jadi sudah kadaluarsa. Ia akan mengalami perubahan dalam tekstur serta aroma. Kalau sudah begini, maka hentikan pemakaiannya ya!

5. Eyeshadow

Eyeshadow akan menjadi pilihan yang tepat saat kamu hendak mempercantik riasan matamu dengan warna-warna yang kamu suka. Nah, normalnya, eyeshadow akan bertahan selama kurang lebih satu tahun.

Saat sudah kadaluarsa, eyeshadow akan memunculkan jamur, perubahan warna dan bau yang tak sedap. Para ahli menjelaskan bahwa menggunakan eyeshadow kadaluarsa bisa membawa bakteri ke area mata dan menyebabkan iritasi. Jadi, segera hindari saat eyeshadow-mu sudah tak layak pakai ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini