Cek Kualitas Sperma Anda di Artikel Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Sebagian kaum pria menganggap kesuburan dan kesehatan calon Ibu satu-satunya penentu keberhasilan kehamilan. Anggapan itu salah besar. Sebab pembuahan dapat terjadi bila sel telur yang sehat bertemu dengan sel sperma yang juga sehat.

Sayangnya, tak semua pria memiliki sperma yang sehat. Padahal, kesuburan dan kesehatan sperma pria merupakan hal yang sangat penting dalam pembuahan.

Menurut WHO atau organisasi kesehatan dunia, sperma terbaik tersimpan dua sampai tujuh hari. Untuk itu, pasangan yang sedang program kehamilan, tidak disarankan berhubungan seks setiap hari, lantaran kualitas sperma dianggap masih buruk dan memengaruhi proses pembuahan.

Apa saja sih ciri pria yang memiliki sperma berkualitas. Cek berikut ini:

1.       Perut tidak bergelambir

Tak perlu perut six-pack seperti seorang binaragawan. Selama perut tidak buncit, sel sperma dipastikan dalam kondisi kuat dan dalam kondisi prima.

Seperti yang disampaikan tim ilmuwan di Belanda, pria dengan lingkar perut lebih dari 100 sentimeter memiliki konsentrasi dan jumlah sperma lebih sedikit di banding pria yang perutnya ramping.

Timbunan lemak di perut mengganggu pelepasan hormon seks, produksi dan perkembangan sperma.

2.       Wajah tak terlalu sangar

Kabar baik bagi pria dengan wajah biasa saja. Menurut penelitian di Spanyol dan Finlandia, pria yang memiliki wajah maskulin kualitas spermanya lebih rendah di banding pria berwajah manis.

Salah satu teori menjelaskan hal itu di “hipotesa pertukaran”. Jika seorang pria mengambil lebih banyak energi pada produksi sperma, hanya memiliki jatah sedikit dalam pengembangan ciri seksual sekunder, misalnya wajah yang maskulin atau badan kekar.

3.       Hobi makan ikan

Ciri pria dengan sel sperma baik adalah suka makan ikan. Karena mengkonsumsi daging merah, berasa asin dan diproses bisa membuat kualitas sperma memburuk.

Peneliti dari Harvard menemukan. Jika pria banyak mengkonsumsi daging yang diproses maka jumlah sperma berbentuk normal yang dimiliki menjadi lebih sedikit.

Ikan justru memiliki efek perlindungan. Pria yang sering mengkonsumsi ikan, terutama ikan laut dalam, konsentrasi spermanya jauh lebih tinggi di banding yang jarang makan ikan. Dengan kata lain, pria pecinta ikan kemungkinan memiliki sperma yang kuat dan sehat.

4.       Jarang memakai celana ketat

Studi tahun 2012 di Inggris menyebutkan, pria yang sering memakai celana longgar seperti celana boxer memiliki lebih banyak sperma yang lincah alias pintar berenang.

Celana dalam dengan potongan longgar menyebabkan temperatur organ intim lebih rendah dibanding jika memakai celana ketat. 

Semoga bermanfaat ya artikel ini. Selamat mencoba!

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini