Catat! Penyintas Covid-19 Harus Ganti Sikat Gigi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin banyak yang belum tahu, penyintas Covid-19 harus mengganti sikat gigi dan juga pembersih lidah.

Para ahli menganjurkan pengidap Covid-19 untuk mengganti sikat gigi dan pembersih lidah mereka segera setelah sembuh dari infeksi. Anjuran tersebut untuk mencegah penularan virus lebih lanjut.

Virus corona bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui tetesan kecil liur yang keluar dari mulut orang yang terinfeksi ketika mereka berbicara, batuk, bersin, tertawa, dan lain-lain. Selain melalui udara, kamu juga bisa tertular COVID-19 bila menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

Sikat gigi, pembersih lidah dan perlengkapan mandi lainnya yang digunakan oleh orang yang positif Covid-19 merupakan barang yang memiliki konsentrasi virus yang sangat banyak. Menyentuh, apalagi menggunakan perlengkapan yang sama dengan pengidap bisa menyebabkan orang lain tertular virus atau membuat pengidap terinfeksi lagi oleh virus.

Itulah mengapa para dokter gigi menganjurkan orang yang terinfeksi Covid-19 untuk mengganti sikat giginya segera setelah sembuh. Menurut mereka, hal ini tidak hanya bisa melindungi orang tersebut dari kemungkinan infeksi ulang (reinfeksi), tapi juga melindungi orang lain yang menggunakan kamar mandi yang sama di rumah.

Pada Januari tahun ini, para peneliti di Brasil melakukan penelitian untuk memahami dampak kebersihan mulut terhadap penularan Covid-19. Studi tersebut merekomendasikan bahwa mendisinfeksi sikat gigi harus menjadi bagian dari kebersihan mulut karena bisa membantu mengurangi infeksi.

Dikutip dari Halodoc, Minggu 18 Juli 2021, studi tersebut diterbitkan dalam Journal of Infectious Diseases dan menekankan bahwa sikat gigi bisa bertindak sebagai “reservoir mikroorganisme” yang dapat bisa mudah menyebarkan penyakit dari orang yang terinfeksi ke orang lain.

Kamu sudah tahu betapa pentingnya mencuci tangan yang baik dan etika menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk. Namun, penting juga bagi kamu untuk membiasakan diri dengan rutinitas menjaga kebersihan mulut dan juga peralatan kebersihan gigi dengan baik. Pasalnya, mulut adalah salah satu pintu utama masuknya virus corona.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona melalui sikat gigi:

1. Jangan pernah berbagi sikat gigi.
2. Cuci tangan sebelum menggosok gigi. Hal ini untuk mencegah virus yang mungkin saja menempel di tangan, berpindah ke sikat gigi.
3. Bersihkan sikat gigi dengan air hangat setelah digunakan.
4. Taruh sikat gigi dalam posisi berdiri tegak di wadah terbuka setelah menyikat. Ingat, kepala sikat gigi tidak boleh menyentuh permukaan lain. Hindari menyimpan sikat gigi, pasta gigi, dan perlengkapan mandi lainnya bersama dengan anggota keluarga lain.
5. Ganti perlengkapan mandi setelah sembuh dari Cvoid-19.
6. Sikat gigi dua atau tiga kali sehari.
7. Setelah sembuh, tetaplah berkumur secara teratur.
8. Bersihkan sikat gigi dan pembersih lidah secara teratur dengan menggunakan obat kumur antiseptik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini