Catat! Ini 5 Tips Menghindari Kehabisan Tiket Mudik Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lebaran adalah momen terindah untuk berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Apalagi untuk para perantau, wajib hukumnya ikut mudik untuk melepas penat dari pekerjaan dan melihat perubahan di kampung kelahiran.

Tak semua perantau bisa merasakan hal yang sama, banyak yang tidak bisa ikut mudik karena terkendala transportasi yang mahal atau bahkan kehabisan tiket kepulangan.

Untuk menghindari itu, berikut 5 tips persiapan mudik agar Anda bisa berkumpul bersama keluarga tercinta.

1. Tentukan Hari Keberangkatan

Menentukan hari keberangkatan menjadi hal pertama yang harus Anda lakukan. Usahakan tanggal yang dipilih sudah pasti dan tidak akan diubah lagi. Hal ini untuk menghindari kehabisan tiket karena jumlah pemudik atau supaya terhindar dari harga yang melambung.

2. Mencari Tiket Promo

Harga tiket mudik memang selalu mengalami peningkatan drastis. Biar tidak membeli dengan harga yang mahal, berburu tiket promo adalah langkah untuk menghemat pengeluaran. Selain itu, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mencoba peruntungan dengan mengikuti kuis berhadiah tiket lebaran.

3. Beli Tiket di Tempat Resmi

Penjualan di tempat tidak resmi cenderung memberikan harga yang lebih tinggi. Dengan itu,  Anda dianjurkan memilih tiket di tempat resmi agar terhindar dari penipuan dan pelonjakan harga. Misalnya untuk tiket kereta, PT KAI (Persero) mengoptimalkan sistem penjualan  yang dilakukan secara online melalui web KAI, aplikasi KAI Acces, dan seluruh saluran penjualan resmi KAI lainnya.

4. Pilih Metode Pembayaran yang Cepat

Setelah memilih tanggal dan melakukan pembelian, hal yang selanjutnya perlu dilakukan adalah pembayaran. Untuk memudahkan, pilihlah metode pembayaran yang gampang dan cepat. Jangan sampai batas waktu Anda habis gara-gara belum sempat melakukan pembayaran.

5. Mencari Alternatif Transportasi

Untuk menghindari ketersediaan tiket yang habis, Anda bisa mengakali dengan mencari alternatif transportasi. Salah satu alernatif yang bisa diikuti adalah memilih perjalanan transit di beberapa tempat. Misalnya, Anda bisa memilih tiket transportasi ke kota terdekat dari tujuan. Kemudian, perjalanan dilanjutkan kembali menuju tujuan utama dengan transportasi lanjutan. (Maropindra Bagas/R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini