Catat! Hindari 5 Hal Buruk Ini saat Anda Berkomunikasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Komunikasi tidak hanya disampaikan melalui bahasa verbal, kadang komunikasi non verbal lebih memberikan kepastian tentang apa yang ingin disampaikan oleh seseorang.

Lawan bicara akan tahu tentang apa yang sedang dirasakan seseorang hanya melalui bahasa tubuh. Banyak bagian dari tubuh yang dapat memberikan penjelasan tentang komunikasi yang ingin disampaikan, mulai dari raut wajah, gerakan tangan, posisi duduk, bahkan pandangan yang dipancarkan bisa memberikan penjelasan.

Untuk Anda yang ingin agar dianggap positif, hindari 5 hal berikut saat berkomunikasi.

  1. Gerakan Berlebihan

Gerakan tubuh yang berlebihan cenderung memperlihatkan bahwa seseorang sedang gelisah atau tidak nyaman. Bagi lawan bicara, hal ini dapat menimbulkan rasa tidak aman dan bahkan terkesan melihat sikap kurang dewasa. Secara tidak langsung seseorang memperlihatkan sikap ketidakpastian atas perbincangan itu. sebaiknya dihindari saat berbincang dengan seseorang, apalagi dalam kondisi formal seperti wawancara kerja.

2. Memandangi Jam Terus-menerus

Melihat jam secara terus menerus membuat lawan bicara bisa tersinggung. Ini bisa terjadi karena melihat jam terlalu sering menandakan seseorang sedang gelisah atau tidak nyaman berbicara dengannya. Dalam artian, ingin segera menyelesaikan percakapan dengan lawan bicara.

3. Tubuh Membungkuk

Membungkuk atau tidak memiliki peran besar dalam hal kepercayaan diri, serta apa yang kita komunikasikan kepada orang lain. Postur terbaik yang harus Anda perhatikan adalah dengan cara duduk tegak dan bahu menghadap kebelakang. Ini menunjukkan kepercayaan diri dan memastikan lawan bicara akan beranggapan positif.

Berbeda dengan berdiri atau duduk membungkuk, ini melambangkan rasa tidak aman, merasa rendah dan menunjukkan kelemahan. Di lain sisi, bersandar terlalu jauh ke belakang berarti juga seseorang tidak tertarik dengan topic pembicaraannya.

4. Melipat Tangan

Lawan bicara yang menyilangkan tangannya akan terkesan sombong dan bisa jadi ada sesuatu yang tidak sejalan dengan pikirannya. Perasaan ini berasal dari fakta bahwa lengan menyilang yang menghalangi tubuh tersebut menunjukkan kurangnya minat, dan membuatnya tampak tak ingin dekat.

5. Posisi Duduk

posisi duduk memberikan efek yang signifikan terhadap lawan bicara Anda. Nyaman atau tidaknya seseorang bisa tergambar melalui cara duduknya. Berikut cara duduk yang harus dihindari dan dipilih untuk Anda yang sedang berkomunikasi

Posisi yang harus dihindari:

  • Lutut menempel, pergelangan kaki melebar – mengesankan sifat kekanak-kanakan, tidak aman, dan sedang melamun.
  • Menyilangkan kaki Anda – mengesankan perilaku defensif, jauh, dan picik.
  • Lutut, pergelangan kaki yang terpisah – mengesankan dominasi dan rasa mementingkan diri sendiri, arogansi, dan bahkan kurangnya sopan santun.

Posisi yang sebaiknya dipilih:

  • Kaki sejajar – postur netral yang menunjukkan pola pikir yang tenang dan terbuka.
  • Pergelangan kaki menyilang – posisi ini lebih umum di kalangan wanita dan akan mengesankan feminitas dan ketertarikan. (Maropindra Bagas)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Geliat Pilkada Sleman pasca Lebaran, PDIP Pikir-pikir Dua Nama Ini untuk Diusung

Mata indonesia, Sleman - DPC PDI Perjuangan Sleman akan membuka pendaftaran penjaringan untuk calon bupati Sleman dalam Pilkada 2024 pada pekan depan. Dari internal PDIP, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, telah dipanggil untuk diskusi oleh partai.
- Advertisement -

Baca berita yang ini