Catat Gaes! Kebiasaan Ini Bikin Kamu Gagal Diet

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah. Berbagai upaya dilakukan demi mendapatkan tubuh yang ideal.

Namun dalam prosesnya, program diet acapkali gagal. Terlebih jika tidak diiringi dengan motivasi yang kuat dan target yang jelas. Ada saja cobaan yang bisa menghalangi program dietmu berjalan sempurna.

Sebenarnya, ada faktor yang menentukan keberhasilan diet. Kunci sukses menurunkan dan menjaga berat badan bukan hanya seberapa banyak makan yang masuk ke dalam perut, melainkan juga bergantung pada kebiasaan yang dilakukan setiap hari.

Nah, Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa kebiasaan yang justru bisa menggagalkan program dietmu.

Berikut kebiasaan yang membuat gagal diet dan sebaiknya dihindari agar program menurunkan berat badanmu tak sia-sia. Yuk simak!

1. Jarang Minum

Kesibukan yang melanda terkadang membuatmu lupa dengan asupan air putih. Padahal anjuran minum air dua liter per hari dapat membantu mencerna makanan dan menyerap lemak dalam tubuh.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, cobalah minum sebelum makan untuk ‘mengelabui’ perut sehingga cepat kenyang dan terhindar dari keinginan makan lebih banyak.

Tapi, juga tidak disarankan untuk minum terlalu banyak air karena dapat menyebabkan keracunan air yang bisa menyebabkan kematian pada kasus ekstrem. Kamu bisa konsumsi susu rendah lemak atau jus buah tanpa gula (bukan kemasan) sebagai selingan minum air putih.

2. Lupa Sarapan

Hayo, siapa yang masih lupa sarapan setiap pagi? Pasti alasannya terlalu sibuk dan terburu-buru sehingga melupakan makan pagi ini.

Padahal, sering melupakan sarapan merupakan kebiasaan buruk yang bisa menghambat program dietmu loh! Sebab, saat makan siang kamu akan merasakan lapar yang teramat sangat. Berbeda jika saat pagi hari kamu sarapan terlebih dahulu.

Bagi yang menjalankan program diet, sebaiknya tetap mengisi perut di pagi hari walau sekadar makan buah, sereal, atau sebutir telur rebus. Sesuai anjuran program diet, sarapan dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kalap makan di siang hari.

3. Malas Olahraga

Untuk menurunkan berat badan, gak cuma persoalan mengurangi asupan. Kamu perlu aktif bergerak, salah satunya berolahraga.

Seringkali masyarakat menginginkan badan yang ideal namun malas berolahraga. Padahal, olahraga tersebut bisa membakar setidaknya 500 kalori per sesi.

Pilihlah olahraga yang mempercepat pembakaran kalori seperti jogging, latihan angkat beban, hingga senam (gym). Bahkan, memilih berjalan kaki ke kantor atau ke pasar juga membantu menurunkan berat badan loh!

4. Kurang Lama Mengunyah

Kebiasaan yang faktanya bisa menghambat program dietmu ialah kurang lama mengunyah. Mengunyah makanan terkesan hal yang sepele dan seringkali diabaikan banyak orang, termasuk yang sedang diet.

Namun, para ahli menyarankan untuk mengunyah makanan sekitar 30 kali hingga makanan benar-benar lumat sebelum masuk ke saluran pencernaan. Sebab, apabila makanan semakin cepat masuk ke dalam perut bisa membuat tubuh sulit mencerna.

Kunyahlah makananmu sampai tidak ada gumpalan dan jangan terburu-buru. Pasalnya, aktivitas tersebut dapat meningkatkan pembakaran selama prosea cerna hingga 10 kalori.

5. Target Tak Realistis

Satu lagi kebiasaan yang dapat merusak program dietmu ialah target yang tidak realistis. Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan mereka dengan drastis, namun menginginkannya dalam waktu singkat.

Keinginan tersebut akan berimbas pada pola makan dan gaya hidup yang terlalu ketat dan menyiksa. Alhasil, kamu jadi merasa terbebani dan program dietmu jadi berantakan.

Buatlah dietmu jadi kegiatan yang santai dan menyenangkan. Tak perlu menargetkan penurunan berat badan yang terlalu muluk-muluk, agar program dietmu bisa bertahan dan berjalan dengan efektif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini