Catat, Empat Profesi Baru ini Bakal Bermunculan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki 2020 perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi semakin pesat. Hal itu tentu saja membuat banyak pekerjaan berubah.

Diperkirakan banyak profesi baru yang bakal muncul seiring kemajuan teknologi tersebut. Profesi apa sajakah itu?

1. Arsitek Smarthome
Saat ini, kita telah dimanjakan dengan kehadiran smartphone, smart TV, bahkan smarthome. Diperkirakan smartphone akan berkembang pesat dan mulai banyak orang yang menggunakan teknologi tersebut termasuk untuk memudahkan mengelola rumah sehingga muncullah teknologi smarthome. Dengan teknologi itu pemilik rumah bisa memantau rumahnya cukup melalui smartphonenya.

Maka di masa datang, akan bermunculan arsitek-arsitek smarthome yang merancang rumah sesuai teknologi smartphone sehingga si pemilik merasa nyaman saat berada di mana saja.

2. Atlet E-sport
Atlet e-sport merupakan orang yang piawai memainkan game online menggunakan fasilitas seperti tablet, gadget, maupun komputer serta koneksi internet.

Berbeda dengan gamers, seorang atlet e-sport sering memainkan game dalam sebuah kompetisi untuk membela tim ataupun negara mereka. Sedangkan seorang gamers umumnya memainkan game untuk kesenangan diri sendiri. Meski begitu, mereka juga bisa menghasilkan uang dengan membuat konten youtube soal game.

Seorang atlet e-sport pada umumnya berasal dari gamers. Sekarang muncul banyak kompetisi e-sport, baik itu lokal maupun antar negara dengan hadiah uang menggiurkan yang membuat profesi ini makin berkembang.

3. Kriptologis Kuantum
Mungkin nama profesi itu masih terdengar asing di telinga kamu. Namun perlu diketahui seiring perkembangan zaman, maka kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan makin diutamakan. Komputer lama yang masih menggunakan transistor tradisional sudah dinilai lambat.

Maka, sekarang dikembangkan sistem komputasi kuantum yang lebih cepat namun dapat meretas data dengan cepat dan akurat. IBM hingga Google sudah menggunakan teknologi itu.

Kebutuhan akan komputer kuantum yang meningkat membutuhkan ahli serta teknisi yang mampu mengatasi teknologi tersebut. Profesi baru pun bermunculan, salah satunya adalah kriptologis kuantum. Mereka menangani sistem pertahanan dan berupaya menghalau serangan-serangan dari luar komputer kuantum seperti hacker.

4. Chief Modernization Officer
Mungkin kamu pernah mendengar istilah chief executive officer dan chief marketing officer. Tapi pernahkah mendengar istilah chief modernization officer? Mungkin masih asing di telinga kamu.

Chief modernization officer (CMO) merupakan profesi yang bakal banyak dicari di masa datang. Tugasnya cukup penting yaitu mencari strategi-strategi baru untuk kemajuan perusahaan agar tidak ketinggalan zaman.

Mereka menganalisa dan memprediksi apa yang akan menjadi trend atau booming di masa yang akan datang.

Itulah 4 profesi yang diperkirakan akan banyak dicari di masa depan, Kira-kira profesi mana yang kamu cari?(Widyo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini