Catat, Begini Cara Menyembuhkan Luka Masa Lalu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Semua orang tentu pernah merasakan terluka, sakit hati, kecewa, hingga trauma karena gagal atau sesuatu yang diharapkan tidak terwujud. Dan semua orang bekerja keras untuk bangkit dan meninggalkan masa lalu.

Tak perlu khawatir, sebab segala kepedihan dan rasa kecewa tersebut dapat disembuhkan dengan self healing.  Untuk diketahui, self healing adalah proses pemulihan yang umumnya terjadi akibat dari gangguan psikologis, trauma, dan semacamnya, karena adanya luka batin masa lalu yang disebabkan oleh diri sendiri atau orang lain.

Secara lengkap menurut ilmu psikologiself healing adalah proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan yang pernah dialami dan memulihkan diri dari luka batin.

Selain itu, melansir Times of India, ada sejumlah cara untuk menyembuhkan luka dan kepedihan masa lalu, di antaranya:

Ciptakan mantra positif

Seringkali, memiliki mantra yang Anda ucapkan pada diri sendiri pada saat mengalami rasa sakit emosional dapat membantu Anda mengubah pikiran.

Ciptakan jarak fisik

Tidak jarang menjauhkan diri dari orang atau situasi yang membuat Anda kesal adalah solusi tepat. Ambil waktu sejenak untuk membuat diri Anda berdamai dari masa lalu dan mungkin dari orang-orang yang menyakiti.

Lakukan pekerjaan sendiri

Berfokus pada diri sendiri itu penting. Anda harus membuat pilihan untuk mengatasi luka yang Anda alami.

Latih kesadaran

Semakin kita dapat membawa fokus kita ke saat ini, maka semakin sedikit dampak masa lalu atau masa depan terhadap kita.

Bersikaplah lembut pada diri sendiri

Jika tanggapan pertama Anda karena tidak mampu melepaskan situasi yang menyakitkan adalah dengan mengkritik diri sendiri, inilah saatnya untuk menunjukkan kebaikan dan kasih sayang kepada diri sendiri.

Biarkan emosi negatif mengalir

Jika Anda takut merasakan emosi negatif, jangan khawatir. Biarkan emosi negatif tersebut mengalir.

Terimalah bahwa orang lain mungkin tidak meminta maaf

Penting bagi Anda untuk menjaga kesembuhan diri Anda sendiri, yang mungkin berarti menerima bahwa orang yang menyakiti Anda tidak akan meminta maaf.

Lakukan perawatan diri

Melakukan perawatan diri termasuk di antaranya mengatakan tidak. Lakukan juga hal-hal yang menurut Anda nyaman dan membuat bahagia. Ingat, kebutuhan Anda adalah yang utama.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang baik

Membiarkan diri kita bersandar pada orang yang dicintai dan dukungan mereka adalah cara yang bagus untuk menyembuhkan luka dan kepedihan masa lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini