Cara Wedding Organizer Putar Otak di Tengah Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak sektor usaha yang terdampak pandemi Covid-19 dan salah satunya adalah wedding organizer (WO). Ada beberapa cara yang dilakukan WO agar bisa tetap eksis.

Dampak dari pandemi Covid-19 yang dirasakan WO adalah mengalami pengurangan hingga pembatalan pesta pernikahan. Ini tak lepas dari pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan di beberapa kota di Indonesia.

CEO & Founder Event and Wedding Organizer, Ethel Riadi mengatakan, kondisi tersulit itu terjadi ketika masa-masa awal pandemi. Penurunannya pun cukup drastis hingga menggeliat kembali ketika pembatasan dilonggarkan.

“Dari Maret sampai PSBB transisi bulan Juli Agustus itu, pengantin baru bisa mengeluarkan tanggal lagi,” kata Ethel dalam live IG Katadata bertema Pesta Pernikahan di Masa Pandemi, Jumat 27 November 2020.

Selama periode tersebut, pesta pernikahan kemudian mengadaptasi dengan protokol penanganan Covid-19, seperti, memakai masker, menjaga jarak, mengecek suhu tubuh, mencuci tangan hingga pembatasan jumlah tamu.

“Kalau pernikahan di dalam gedung itu 25 persen. Nah, kita pun tidak berani terlalu banyak, maksimal 100 tamu keluarga. Paling yang lainnya live streaming,” lanjut Ethel.

Ethel menambahkan, timnya mesti berjibaku menyiapkan konsep dan strategi agar bisnisnya tetap bisa bertahan di masa pandemi. Selain terus berupaya melayani sepenuh hati, dia pun mengakomodir konsep pernikahan yang banyak diminati seperti konsep intim (intimate) bersama keluarga inti.

Contohnya, pengaturan pesta pernikahan di garden yang hanya dihadiri oleh keluarga inti. Sementara tamu umum, akan disediakan live streaming lewat aplikasi online mulai dari zoom ataupun live IG. Pembayaran secara digital seperti menggunakan OVO atau QR Code pun disediakan.

“Kita berlomba-lomba memberikan pelayanan dan harga terbaik. Bekerja dengan hati dan kita berusaha dengan biaya seminimal mungkin. Range harganya, kalau normal kita sekitar 12,5 juta Rupiah sih,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini