Cara Mudah Meningkatkan Kekebalan Tubuh di Tengah Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Virus corona masih menjadi malapetaka dengan jumlah kasus positif terus meningkat setiap harinya. Meski vaksin telah ditemukan dan program vaksinasi virus corona sedang dijalankan, Anda tetap harus mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kekebalan tubuh tetap tinggi dan ketat untuk menyelamatkan diri Anda dari serangan virus yang mematikan. Melansir Times of India, berikut lima hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh Anda:

Tidur yang cukup

Jika Anda kurang tidur, itu dapat merusak kekebalan tubuh Anda. Saat Anda tidur di malam hari, tubuh mengaktifkan beberapa aktivasi yang cukup serius yang membantu membunuh patogen. Tidur adalah saat tubuh kita memperbaiki sel, terutama sel otak.

Tambahkan antioksidan ke dalam makanan Anda

Salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekebalan Anda adalah dengan mengisi piring Anda dengan makanan yang berwarna-warni. Makanan berwarna kaya akan antioksidan seperti vitamin C, D, E, dan A bersama dengan seng dan selenium. Antioksidan menetralkan kerusakan radikal bebas dalam tubuh dan mendinginkan peradangan bersamaan dengan memperbaiki sel dan DNA yang rusak. Semakin cerah dan beragam pola makan Anda, maka semakin baik.

Move, move, and move

Berolahraga secara teratur memainkan peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh Anda. Berolahraga menempatkan tubuh kita di bawah tekanan jangka pendek yang disebut eustress –yang membuat kita lebih kuat dan lebih tangguh dalam jangka panjang.

Bahkan dalam jangka pendek, olahraga dapat membuat sel kekebalan Anda lebih baik dalam membunuh patogen. Aktivitas aerobik seperti lari atau berenang, olahraga intensitas tinggi, dan angkat beban memiliki manfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

Tambahkan serat ke dalam makanan Anda

Markas besar sistem kekebalan kita ada di usus dan bakteri usus kita menyukai serat. Ketika kita makan serat, itu mendorong lebih banyak keragaman flora usus, yang dikaitkan dengan sistem kekebalan yang lebih kuat dan lebih seimbang. Ketika kita tidak mendapatkan cukup serat, maka kemampuan tubuh kita untuk melawan infeksi menurun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini