Cara Merawat Tekstur Rambut Alami Anda dengan Sempurna

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Ada yang bilang bahwa rambut adalah mahkota perempuan. Tak mengherankan bila kaum perempuan menggunakan berbagai cara agar rambut mereka indah dan tampak berkilau ala bintang iklan.

Pertama yang perlu Anda ketahui adalah, apapun tekstur rambut atau tekstur kulit Anda, itu sempurna. Tetapi sebagai manusia, terkadang kita selalu menginginkan apa yang tidak kita miliki.

Orang yang memiliki rambut lurus, menginginkan rambut ikal. Sementara orang dengan rambut ikal ingin meluruskannya. Faktanya, melawan tekstur rambut dapat membuat rambut Anda justru rusak, patah, kusut, bahkan bercabang. Jadi hati-hati ya!

Melansir Times of India, berikut tips untuk merawat tekstur rambut alami Anda dengan sempurna.

Bagaimana tekstur rambut Anda?

Sebagian besar, etnis dan genetika menentukan tekstur rambut Anda sejak lahir. Selain itu, beberapa faktor terkait gaya hidup juga dapat menentukan seperti apa tekstur rambut Anda.

Bentuk folikel rambut Anda menentukan apakah Anda akan memiliki rambut lurus, keriting, atau bergelombang. Tekstur ini dapat berubah pada cuaca tertentu karena sifat fisik batang rambut dan kutikula rambut. Tekstur rambut Anda juga dapat berubah setiap beberapa tahun tergantung pada apa yang Anda konsumsi dan bagaimana serta di mana Anda tinggal.

Jika Anda memiliki rambut lurus

Gunakan sampo dan kondisioner yang bagus khusus untuk jenis rambut dan kulit kepala Anda. Anda juga bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas yang bagus yang akan membantu mempercantik rambut lurus alami Anda.

Jika rambut Anda bergelombang

Rambut bergelombang membutuhkan lebih banyak hidrasi daripada rambut lurus dan itu bukan berita baru. Gunakan kondisioner tanpa bilas yang bagus dan setetes minyak argan untuk membantu mempertahankan kelembapan.

Setelah Anda selesai dengan langkah ini, terserah Anda jika ingin memilih menata rambut dengan alat panas atau tanpa alat. Anda bisa membiarkan rambut bergelombang Anda mengering secara alami atau mengerutkannya dengan baik. Anda dapat menggunakan pengering rambut dengan perlengkapan diffuser untuk gelombang lembut alami atau penjepit untuk menciptakan gelombang pantai yang lebih modern.

Jika Anda memiliki rambut keriting

Tidak diragukan lagi, wanita dengan rambut keriting cenderung memilih pelurusan rambut agar lebih mudah diatur. Tapi langkah itu justru merusak tekstur alami rambut Anda.

Rambut ikal cenderung kehilangan kelembapan lebih cepat daripada rambut bergelombang dan lurus. Oleh karena itu, menggunakan kondisioner tanpa bilas yang lebih berat akan membantu.

Gosok rambut Anda dengan krim ikal yang bagus dan tambahkan sedikit minyak argan untuk kelembapan ekstra. Biarkan ikal terbentuk sendiri dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Luangkan waktu Anda dengan rambut keriting.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini