Cara Jitu Simpan Telur agar Awet dalam Waktu Lama

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Telur merupakan sumber protein yang penting untuk tubuh.  Tak salah jika banyak orang kerap menjadikan telur sebagai salah satu stok makanan praktis yang selalu ada di rumah.

Meski memiliki tanggal kadaluarsa, telur umumnya tetap bisa tahan lama. Asal cara penyimpanan telurnya dilakukan dengan benar.

Seperti apa? Berikut tips menyimpan telur berikut agar dapat dikonsumsi hingga 5 pekan.

Jangan dicuci

Anda tak perlu mencuci telur sebelum menyimpannya. Telur memiliki lapisan alami yang membuatnya tahan terhadap bakteri. Dengan cara itu, telur akan tetap segar dalam waktu yang lebih lama.

Simpan dalam wadah bawaan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah membiarkan telur berada di dalam wadah aslinya. Wadah aslinya ini dibuat dari karton untuk mencegah telur menyerap rasa dari makanan lain yang ada di dalam kulkas.

Anda juga tak perlu menyimpan telur di kompartemen bawaan yang umumnya berada di pintu kulkas. Sebagai gantinya, simpan telur bersama dengan wadahnya di kompartemen utama kulkas. Dijamin telur bisa tahan hingga 3-5 pekan.

Dibekukan

Anda dapat menyimpan telur selama setahun lho! Yakni dengan cara dibekukan. Umumnya, pembekuan dilakukan dengan memisahkan bagian putih dan kuning telur. Perlu dicatat, Anda tak bisa membekukan telur secara utuh bersama dengan kulit atau cangkangnya.

Anda juga tak bisa membekukan telur rebus yang masih tertutup kulit.

Lalu bagaimana cara membekukan telur yang efektif? Nih ulasannya:

Kuning telur

Untuk kesegaran optimal, simpan kuning telur dalam wadah kedap udara. Cara ini perlu dilakukan untuk mencegah masuknya air yang bisa membuat kuning telur mengering.

CEO Pete and Gerry’s Organic Eggs, Jesse Laflamme mengatakan, proses pembekuan kuning telur bisa dilakukan hingga empat bulan dengan teknik yang tepat. Secara alami, tekstur kuning telur dibuat lebih kuat oleh proses pembekuan. Dengan cara itu, kuning telur akan lebih sulit untuk dimasak.

Namun, Anda tak perlu khawatir. American Egg Board mencatat, Anda dapat mengatasinya dengan menambahkan 1 sdt garam dan 1,5 sdt gula untuk setiap empat kuning telur. Garam atau gula dipilih sesuai kebutuhan memasak.

“Jika Anda bakal menggunakan telur untuk membuat kue, maka tambahkan 1,5 sdt gula,” kata Laflamme.

Putih telur

Lakukan cara yang sama dengan kuning telur. Simpan putih telur dalam wadah kedap udara. Putih telur umumnya bisa bertahan lebih lama hingga satu tahun.

Telur utuh tanpa kulit

Selain dengan memisahkan bagian kuning dan putih, Anda juga bisa membekukan telur secara utuh tanpa kulit. Sebagai alternatif, Anda bisa mengocok telur sampai benar-benar menyatu dan simpan di wadah kedap udara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini