Cara cerdas menghadapi suami malas. (Foto: She Knows)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah menjalani hari yang padat dan melelahkan, semua orang tentu ingin menikmati weekend dengan bermalas-malasan. Akan tetapi, bagaimana bila Anda melihat rumah berantakan?

Anda tentu ingin ‘berduet’ dengan suami Anda untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, bukan? Berbagi pekerjaan sambil bercanda atau mengelap peluh sosok pria yang Anda cinta.

Namun, bagaimana bila suami Anda seorang pemalas yang tidak ingin melakukan pekerjaan rumah tangga? Jelas ini sangat menyebalkan dan akan membuat Anda stres. Melansir Times of India, berikut cara cerdas untuk menghadapi suami yang malas.

Buat ia merasa dibutuhkan

Beri suami Anda gelar ‘pahlawan super’ untuk melakukan hal-hal rumah tangga tertentu yang hanya bisa dia lakukan. Anda mungkin sebenarnya tidak membutuhkan dia untuk selalu melakukannya, karena Anda bisa, tetapi membuat suami Anda merasa kuat dan membantu akan selalu berhasil. Meskipun memulai dengan sedikit membantu, ini adalah perubahan besar.

Selalu menghargainya

Jika suami Anda sangat enggan melakukan suatu pekerjaan, puji keterampilan kerjanya dan hargai usahanya. Suami Anda pasti akan merasa lega, setelah mendengar pujian positif tentang usahanya. Jika Anda memiliki anak di sekitar rumah, suami Anda mungkin juga akan bekerja lebih keras untuk mengesankan anak-anak dengan jubah ‘pahlawan super’-nya.

Bersikap tegas

Jangan berteriak. Itu hanya akan menggagalkannya lebih jauh dari melakukan pekerjaannya. Sebaliknya, belajarlah untuk tegas dengan kata-kata Anda. Bersikaplah tegas dan beri tahu suami Anda bahwa ia tidak punya pilihan lain selain melakukan pekerjaan. Anda juga dapat menghentikan salah satu kegiatan rekreasi atau hobi favoritnya untuk memberi efek lebih, bahwa Anda cukup serius.

Bersikaplah fleksibel dalam hal pekerjaan

Suami Anda mungkin tidak melakukan sesuatu dengan caramu. Ia mungkin mencoba melakukan pekerjaan dengan cara yang lebih kreatif sehingga ia bisa melakukannya lebih cepat dan lebih baik. Jadi, jangan memaksa atau mencoba mengendalikannya untuk melakukan dengan cara Anda, sebaliknya, pelajari dan terima caranya, jika itu tidak memakan waktu.

Ikut terlibat dengannya saat melakukan pekerjaan

Anda dapat terlibat dalam percakapan yang mendalam dengan suami Anda saat dia membersihkan lantai dan Anda sedang membersihkan lemari. Anda akan terkejut mengetahui seberapa dalam Anda berdua dapat bercakap-cakap sambil melakukan pekerjaan rumah tangga. Itu membuat Anda teralihkan dari kelelahan, dan Anda berdua akan menantikan lebih banyak kesempatan seperti itu.

Bersikap penuh perhatian

Pahami bahwa suami Anda belum mengenal pola kerja atau keterampilan mengelola rumah tangga. Anda harus mencoba untuk mempertimbangkan dalam hal urgensi dan pentingnya pekerjaan. Biarkan suami Anda meluangkan waktunya dan menyelesaikan pekerjaannya sesuai kebutuhan. Jangan mengganggunya sama sekali.

Pelesir

Ini akan membantu Anda menjernihkan pikiran dan melepaskan beban yang Anda rasakan. Minta suami Anda untuk melakukan semua pekerjaan di rumah secara sistematis dan biarkan dia mengatur semua pekerjaan sekaligus. Lagipula, dia juga orang dewasa yang harus mengatur jadwal dan pekerjaan rumah tangganya. Jadi, beri tahu suami Anda, dan kemasi barang bawaan Anda untuk perjalanan singkat bersama teman perempuan atau mengunjungi keluarga Anda

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here