Burj Khalifa, Destinasi Wisata Para Pesohor Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dubai yang identik dengan kemewahan dan kemegahannya menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal di dunia. Banyak pesohor dunia memilih Dubai sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan. Salah satu yang paling terkenal tentu saja Burj Khalifa.

Burj Khalifa adalah nama dari gedung pencakar langit serba guna di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Bangunan ini yang merupakan yang tertinggi di dunia, menurut ketiga kriteria utama yang digunakan untuk menilai gedung-gedung tersebut.

Burj Khalifa atau menara Khalifa, yang dikenal selama konstruksi sebagai Burj Dubai, secara resmi dinamai untuk menghormati pemimpin Abu Dhabi, Sheikh Khalifa ibn Zayed Al Nahyan.

Meski menara ini resmi dibuka pada 4 Januari 2010, keseluruhan interiornya saat itu belum lengkap. Dibangun untuk menampung berbagai usaha komersial, perumahan, dan perhotelan, menara — yang ketinggiannya tetap menjadi rahasia yang dijaga ketat selama konstruksinya, mencapai penyelesaian dengan 162 lantai dan ketinggian 828 meter. Ini dirancang oleh firma arsitektur Skidmore, Owings & Merrill yang berbasis di Chicago. Di mana Adrian Smith menjabat sebagai arsitek dan William F. Baker menjabat sebagai insinyur struktural.

Bangunan ini, dalam denah modular, diletakkan di atas tapak tiga lobus yang merupakan representasi abstrak dari bunga Hymenocallis lokal. Denah berbentuk Y memainkan peran sentral dalam pengurangan gaya angin di menara. Inti pusat heksagonal ditopang oleh serangkaian sayap, masing-masing dengan inti beton dan kolom perimeternya sendiri.

Saat menara bertambah tinggi, sayap mundur dalam konfigurasi spiral, mengubah bentuk bangunan di setiap tingkat dan dengan demikian mengurangi efek angin pada bangunan. Inti pusat muncul dan diakhiri di puncak menara, yang mencapai tinggi lebih dari 200 meter.

Puncak menara dibangun di dalam menara dan diangkat ke posisi akhir menggunakan pompa hidrolik. Pada tingkat pondasi, menara ini ditopang oleh tikar beton bertulang dengan tebal hampir 4 meter dan ditopang juga oleh tiang beton dengan diameter 1,5 meter.

Sebuah podium tiga lantai menjangkar menara di tempatnya; podium dan ruang bawah tanah dua lantai berukuran sekitar 186.000 meter persegi berada di sebelah kanan. Kelongsong eksterior menara terdiri dari panel aluminium dan baja tahan karat. Dek observasi publik, yang disebut “At the Top”, terletak di lantai 124.

Setelah diresmikan pada Januari 2010, Burj Khalifa dengan mudah melampaui gedung Taipei 101 (Pusat Keuangan Taipei) di Taipei, Taiwan, yang memiliki tinggi 508 meter, sebagai gedung tertinggi di dunia. Pada saat yang sama, Burj Khalifa memecahkan banyak rekor lainnya, termasuk struktur berdiri bebas tertinggi di dunia, lantai yang diduduki tertinggi di dunia, dan dek observasi luar ruangan tertinggi di dunia.

Bangunan landmark Dubai ini menjadi daya tarik wisata utama. Bagi sebagian besar pengunjung, perjalanan ke dek observasi di lantai 124 ini adalah hal yang wajib dilakukan saat berada di kota ini. Pemandangan cakrawala kota dari sudut ketinggian sungguh menakjubkan.

Pengalaman dek observasi yang apik termasuk presentasi multimedia di Dubai dan gedung Burj Khalifa dengan lift berkecepatan tinggi akan membawa Anda pada pemandangan 360 derajat melintasi gedung pencakar langit ke padang pasir di satu sisi dan lautan di sisi lain.

Kunjungan malam hari sangat populer di kalangan fotografer karena panorama lampu kota Dubai yang terkenal.

Selain pemandangan dari ketinggian, daratan Burj Khalifa dibungkus oleh taman dengan jalan setapak yang berkelok-kelok yang dirancang dengan indah di gedung ini. Ada banyak fitur air termasuk Air Mancur Dubai, air mancur dengan performa tertinggi di dunia, meniru Air Mancur Bellagio yang terkenal di Las Vegas.

Berikut selebriti dunia yang pernah menikmati kemewahan Burj Khalifa.

  • Raline Shah

Belum lama ini, Raline Shah tertangkap tengah menikmati liburannya di Dubai, UEA. Momen liburan ini ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya. Salah satu destinasi wisata yang Raline kunjungi saat di Dubai adalah bangunan ikonik Burj Khalifa. Raline pun sempat berfoto di sudut gedung tertinggi di dunia ini agar tidak melewatkan momen liburannya.

  • Rafi Ahmmad & Nagita Slavina

Keluarga kecil Rafi Ahmad sempat berlibur ke Dubai pada 2018. Mereka tak lupa mengunjungi Burj Khalifa sebagai salah satu tujuan destinasi wisata. Kejadian lucu pun terjadi ketika mereka mengunjungi bangunan tertinggi di dunia ini.

Anak dari pasangan tersebut, Rafathar, awalnya merasa takut saat dalam perjalanan menuju lantai atas dari bangunan ini, ia lalu berdoa agar selamat dari gedung pencakar langit ini.

  • Tae Yeon

Pada 2018, para penyanyi yang berada di bawah naungan SM Entertainment berangkat ke Dubai bersama untuk menggelar konser di “SMTOWN Live Tour VI”. Konser itu telah digelar pada 4 April 2018. Setelah konser selesai, Tae Yeon kemudian mengajak fans untuk mengenang kembali pengalamannya di Dubai. Penyanyi dari anggota girlband Girl’s Generation itu menuntukkan kepada fannya mulai dari saat ia berangkat hingga pulang lewat rangkaian video “Taengoo TV”.

Melalui rangkaian video tersebut, Tae Yeon tak lupa memamerkan pengalamannya saat berkunjung ke lantai teratas gedung Burj Khalifa. Ia bahkan mengaku bahwa dirinya tidak takut oleh ketinggian.

  • Will Smith

Bintang Hollywood Will Smith memamerkan foto-foto menakjubkan yang diambil olehnya saat ia sedang berada di lantai atas Burj Khalifa. Dari foto yang diunggah melalui laman Instagram-nya, Will Smith terlihat sedang duduk di toilet dengan membelakangi lapisan kaca yang langsung menyuguhkan pemandangan indah dari lantai atas gedung tertinggi di dunia ini.

 

Reporter: Sheila Permatasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini