Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor Menguncup, Pengunjung: Bukan Rezekinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, BOGOR – Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus Titanum) di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, mekar sempurna pada Jumat 3 Januari 2020.

Bunga bangkai ini sempat menghebohkan warga Indonesia khususnya daerah Bogor, Jawa Barat. Bunga ini pun menarik perhatian pengunjung dan pemerintah Kota Bogor.

Namun sayangnya, hari ini bunga bangkai tersebut sudah mulai menguncup. Hal ini pun mendapat tanggapan dari Dra.Yuzammi, M.Sc sebagai Peneliti Amorphophallus Titanum di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Bunga bangkai itu mekar cuma beberapa jam saja yang bagus. Jumat malam sampai paginya itu masih bagus. Karena tidak terjadinya pembuahan makanya cepat layu,” kata Yuzammi saat dihubungi Minews pada Senin 6 Januari 2020.

Yuzammi juga mengatakan, bunga bangkai bisa dilihat dalam kurun waktu seminggu saat pemekaran, tapi itu juga dalam kondisi yang tidak bagus.

“Ya memang siklusnya begitu, bagusnya cuma sebentar. Kalo bisa bertahan lama itu karena terjadinya pembuahan,” lanjutnya.

Layunya bunga bangkai ini masih belum diketahui pengunjung, salah satunya Sabar warga asal Cilegon, Banten. Ia bersama keluarga sengaja datang ke KRB untuk rekreasi.

“Ngga kecewa sih. Iyaa ke sini sama anak2, saudara, dan Ibu mertua, terus pas kesini nguncup, bukan rezekinya berarti,” ujar Sabar kepada Minews.

Menurut Sabar ada untungnya juga datang dalam keadaan menguncup, “Karena kalo dateng pas mekar ramai dan belum tentu bisa foto.”

Meski demikian, pengunjung Kebun Raya Bogor harus bersabar menunggu bunga bangkai ini mekar kembali dalam kurun waktu 3-5 tahun ke depan. (Anita Rahim)

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini