Bunda, Kelas Musik Bisa Tingkatkan Prestasi Akademik Anak Lho!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Bunda, jika anak Anda memiliki bakat atau berminat untuk belajar musik, tak ada salahnya mendaftarkan si buah hati ke dalam kelas musik atau kursus.

Sebuah penelitian di VU University of Amsterdam, Belanda, menyebut kelas musik dapat membantu anak-anak meningkatkan kinerja dan prestasi akademik di sekolah.

“Kelas musik meningkatkan kemampuan kognitif, penalaran dan memori jangka pendek,” kata penulis utama penelitian, Artur Jaschke, seperti dikutip dari thehealtsite.com.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers ini melibatkan 147 anak-anak di beberapa sekolah di Belanda menggunakan metode musik terstruktur yang dikembangkan Kementerian Riset dan Pendidikan Belanda bekerjasama dengan para ahli.

Sebagian sekolah diminta untuk memberikan pelajaran sesuai kurikulum biasa, sebagian lainnya diminta untuk menyediakan kelas musik tambahan.

Setelah 2,5 tahun, anak-anak yang mengikuti kelas musik tambahan mengalami peningkatan kognitif yang jauh melebihi anak-anak yang ikut kelas normal.

“Ini membuktikan bahwa anak-anak bahkan dapat mengalami peningkatan akademik, bahkan pada mata pelajaran yang tak digemarinya,” ujar Jaschke.

Namun, menurut Jaschke, sungguh amat disayangkan saat ini kelas musik telah banyak dihilangkan dari kurikulum pendidikan sehingga anak-anak tidak dapat ditunjang prestasi akademiknya dari kegiatan bermusik. (Ryan)

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini