Bukan Hanya Bikin Takut, Film Horor Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Tubuh

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Film horor tidak hanya membuat yang menontonya takut saja gaes. Pasalnya, berdasarkan studi ternyata film horor berdampak pada psikologis penontonnya.

Hal itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Gleen Sparks, seorang profesor komunikasi Universitas Purdue, diperoleh bahwa dampak dari film horor bisa meningkatkan denyut jantung sebanyak 15 kali per menit.

Efek lainnya adalah membuat telapak tangan berkeringat, suhu tubuh menurun, otot menegang, dan tekanan darah meningkat. Meski begitu, menyaksikan film horor ternyata memiliki manfaat positif bagi tubuh, salah satunya dapat membakar kalori.

Sebuah penelitian dari Universitas Westminster menunjukkan bahwa menonton film horor yang menegangkan selama 90 menit dapat membakar sekitar 113 kalori. Jumlah kalori yang terbakar ketika menonton film ini setara ketika kita berjalan selama 30 menit.

Semakin menakutkan film yang di tonton maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Manfaat lainnya dari film horor adalah sebagai media untuk melepaskan emosi dari perasaan yang dipendam seperti frustasi.

Dengan kata lain, film horror dapat dijadikan sebagai pelampiasan ketika merasa stres. Ini karena saat menonton film horor, otak kita mengeluarkan senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Inilah yang membuat rasa stres atau cemas dalam tubuh menurun.

Meskipun baik untuk tubuh, bukan berarti kita bisa menonton film horor terlalu sering. Sebab, selain meningkatkan risiko jantung pada orang tertentu, film horor dapat meningkatkan risiko pembekuan darah.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini