Brrrr! Begini Tips Aman Berkendara di Jalanan Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – DKI Jakarta dan sekitarnya tengah mengalami hujan deras beberapa hari terakhir. Hampir setiap hari di berbagai daerah di Indonesia diguyur hujan, mulai dari intensitas rendah, sedang hingga tinggi.

Hal ini berimbas pada beberapa wilayah yang mulai dilanda banjir. Genangan air yang tinggi mengancam sejumlah daerah di Jakarta dan sekitarnya.

Tak hanya di pemukiman, banjir juga melanda beberapa ruas jalan. Tentu hal ini akan menghambat para pengendara.

Maka, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan supaya tetap aman saat mengemudi di tengah banjir. Apa saja? Yuk simak!

1. Cari Jalan Alternatif

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah mencari jalan alternatif. Sebisa mungkin hindari jalanan yang tergenang banjir dengan intensitas air cukup tinggi.

Meskipun sedikit lebih jauh dan memakan waktu, yang penting aman. Tentu masalah itu bisa kamu siasati dengan berangkat lebih awal.

2. Mengurangi Kecepatan

Jika terpaksa harus melewati jalanan banjir, kurangilah kecepatan berkendara ya. Pasalnya, berkendara dalam keadaan hujan tentu akan melewati jalanan yang licin.

Keadaan ini tentu mengakibatkan mobil atau motor mudah tergelincir dan mengakibatkan kecelakaan. Selain itu, mengurangi kecepatan saat banjir bisa mengurangi cipratan ke pengendara lain.

3. Jangan Berkendara di Pinggir Jalan

Karena genangan air yang tinggi, seringkali got atau saluran air di pinggir jalan jadi tak terlihat. Nah, dari pada tercebur, ada baiknya kamu berkendara di tengah jalan ya.

Untuk kamu pengendara motor, cobalah mengemudi di belakang mobil saat jalanan banjir. Selain terhindar dari cipratan, berkendara di belakang mobil saat banjir bisa membantumu mendapatkan jalan yang minim genangan.

4. Jangan Dipaksakan

Jika dirasa banjir dijalan terlalu tinggi, sebaiknya jangan dipaksakan ya. Kenali pula kondisi kendaraan kamu dan pikirkan dampaknya jika dipaksa menerobos banjir.

Coba kembali ke poin pertama. Carilah jalanan alternatif demi keselamatan kamu dan kendaraanmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Geliat Pilkada Sleman pasca Lebaran, PDIP Pikir-pikir Dua Nama Ini untuk Diusung

Mata indonesia, Sleman - DPC PDI Perjuangan Sleman akan membuka pendaftaran penjaringan untuk calon bupati Sleman dalam Pilkada 2024 pada pekan depan. Dari internal PDIP, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, telah dipanggil untuk diskusi oleh partai.
- Advertisement -

Baca berita yang ini