Boleh Dicoba, Ini Manfaat Mandi Sambil Bernyanyi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bernyanyi di kamar mandi terkadang jadi pilihan banyak orang. Pasalnya, mereka bisa mengekpresikan suara dengan bebas tanpa harus malu di dengar orang lain.

Jika bernyanyi di tempat umum harus menyiapkan suara yang bagus, kamu tak perlu melakukannya saat mandi. Semua lagu bebas kamu nyanyikan meski suara pas-pasan.

Tak disangka, kebiasaan ini ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh lho!  Mengutip Bright Side, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika sering bernyanyi di kamar mandi. Apa saja? Yuk simak!

1. Menurunkan Tekanan Darah

Bernyanyi memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran sehingga dapat membantu menormalkan tekanan darah. Kebiasaan ini juga dapat mengurangi kortisol, hormon yang meningkatkan tekanan darah dan gula darah.

Kortisol tingkat tinggi dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, stres, stroke, dan diabetes tipe 2. Maka, dengan suasana hati yang relaks saat bernyanyi di kamar mandi bisa membuat tekanan darah lebih stabil.

2. Mengurangi stres

Berekspresi dengan bebas dan tak memerdulikan perkataan orang lain mengenai suaramu memang bikin relaks. Hal tersebut tentu bisa mengurangi stres dan beban pikiran.

Penelitian lain di Swedia menunjukkan bahwa bernyanyi memiliki efek menenangkan dan dapat memperlambat detak jantung. Ini juga membantu tubuh kamu melepaskan oksitosin yang dapat meningkatkan suasana hati dan melawan kecemasan.

Bernyanyi di kamar mandi bisa mengurangi perasaan depresi atau kesepian. Tak hanya itu, hal ini bisa memberimu perasaan yang sama saat memeluk orang yang kamu cintai.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain manfaat di atas, bernyanyi di kamar mandi juga bisa meningatkan sistem kekebalan tubuh lho! Menurut para ilmuan, bernyanyi dapat membantu kita melawan virus. Ini meningkatkan imunoglobin A yang melindungi kita dari infeksi.

Hal tersebut juga dapat dilihat dari manfaat bernyanyi di kamar mandi yang bisa meredakan stres. Semakin kurang stres atau beban pikiran pada seseorang, maka bisa semakin kuat daya tahan tubuhnya.

4. Mengurangi Nyeri pada Tubuh

Bernyanyi dengan bebas dan berekspresif baik untuk kamu yang sering mengalami nyeri pada tubuh lho! Menyanyikan lagu favorit dapat menenangkan kamu dan juga dapat membantumu mengatasi rasa sakit.

Bernyanyi juga meningkatkan ketegangan otot dan mendorong tubuh kamu untuk melepaskan endorfin dan menghilangkan sensasi yang tidak menyenangkan. Maka, jika sering bernyanyi saat mandi, masalah nyeri pada tubuhmu bisa teratasi.

5. Membuat Tubuh Tetap Bugar

Terakhir, manfaat yang bisa kamu rasakan jika sering bernyanyi di kamar mandi ialah membantu tubuhmu tetap bugar. Bernyanyi membuat otot yang berada di antara tulang rusuk kamu bekerja, dan itu bahkan lebih baik daripada olahraga.

Latihan lain tidak dapat menjangkau bagian-bagian tubuh ini dan itu menjadikan bernyanyi di kamar mandi salah satu cara termudah dan paling menyenangkan untuk menjaga kebugaran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Implementasikan Pilar Negara, AMN Manado Siap Didik Generasi Muda

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado siap mendidik para generasi muda penerus bangsa dalam mengimplementasikan seluruh pilar negara, yakni Pancasila,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini