MATA INDONESIA, JAKARTA – Jumat 18 September 2020 tepat pukul 16.00 sudah terlihat kesibukan di halaman depan rumah Saiful Bachri yang berada di Senen Jakarta Pusat. Mas Ipung sapaan akrabnya ialah peternak ikan cupang yang cukup dikenal di daerahnya. Dari ikan cupang inilah beliau meraup omset ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap minggunya.

Ikan kecil yang menarik dari segi warna dan kelincahan tubuhnya ternyata sangat digemari dari segala jenis kalangan masyarakat. Kita pun pasti ingat dari puluhan tahun yang lalu ikan kecil ini sudah menjadi pemandangan yang familiar baik bagi anak – anak SD sepulang sekolah. Ya, disanalah di depan gerbang sekolah pedagang Ikan Cupang ‘nongkrong’ menjajakan dagangan ikan cupangnya dengan harga ratusan perak. Tentu saja kalian ingat bukan?

Meski tahun berganti namun popularitas ikan ini tidak mati. Mulai dari anak sekolah hingga orang tua ternyata menyukai keunikan ikan kecil ini. Inilah yang menjadi alasan Mas Ipung untuk memutuskan beternak ikan yang cantik ini. Selain dari hobi di masa sekolah dasar nya dulu yang senang membeli dan memelihara Ikan Cupang.

Mas Ipung membeberkan bahwa Ikan Cupang ini adalah bisnis yang cukup menjanjikan dalam segi finasial. ”Ya bagaimana tidak Mba, harganya lumayan lho kecil-kecil gini bisa sampai jutaan apalagi yang menang kontes, wah mahal sekali tuh,” ujarnya dengan sumringah. Memeliharanya pun tidak terbilang sulit dan tidak mengeluarkan uang banyak.

Lalu bagaimana dengan situasi saat ini, disaat pandemi wabah corona yang mendunia ini apakah bisnis ini tetap dilirik dan bertahan? Apakah peminatnya masih ada? Ternyata daya tarik Ikan Cupang ini, tidak ada habisnya. Justru disaat pandemi seperti inilah banyak orang menghabiskan waktu diri dirumah. Melakukan aktifitas-aktifitas di rumah saja. Salah satunya adalah belanja online. Ya, jual beli Ikan Cupang secara online justru ramai sekali. ”Banyak pelanggan dari Jabodetabek maupun Pulau Jawa yang memesan Ikan Cupang,” kata Mas Ipung yang baru saja mengirimkan lima ekor Ikan Cupang ke pelanggannya dengan menggunakan jasa ojek online.

Selain itu Mas Ipung sudah punya reseller setia yang selalu belanja Ikan Cupang kepada dirinya untuk dijual kembali. Terlebih Mas Ipung pandai menjajakan Ikan Cupang di beberapa media sosial seperti Facebookdan Instagram. Selalu saja setiap harinya ada pembeli online yang tertarik membeli. ”Ukuran tubuhnya cuma sekitar 3 atau 4 cm mbak, tapi harganya tidak sependek itu, lagi corona gini malah banyak yg pesen online lho,” katanya tertawa kecil.

Bisnis yang menarik yang datang dari hobi dan kecintaan terhadap ikan kecil ini mendatangkan pundi rupiah yang cukup menjanjikan.

Memelihara Ikan Cupang adalah salah satu hobi dan kegiatan positif di rumah yang tidak membosankan. Keindahan warna tubuhnya yang unik dan menarik sebagai pemikat tersendiri. Semakin unik semakin tinggi harganya.

Salah satu hobi yang menarik, penghilang stres dan menghasilkan. Inilah yang membuat bisnis ini tetap hidup meski tahun berganti dan di masa pandemi seperti ini. Bagiamana? Apakah Anda tertarik mencoba bisnis ini?

Reporter: Budiyani Rahmawati

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here