Bisa Picu Kemandulan, Yuk Deteksi Gonore Sejak Dini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagian orang mungkin merasa malu untuk mengakui penyakit kelamin yang ia alami. Ada yang berpikir ini merupakan aib atau lain sebagainya.

Hal tersebut wajar kok. Tapi, gak ada salahnya untuk kamu deteksi sejak dini gejala penyakit kelamin, salah satunya Gonore.

Gonore atau GO merupakan penyakit yang menyerang saluran kemih dan biasanya ditandai dengan keluarnya cairan putih atau nanah. Masyarakat awam biasa menyebutnya ‘pilek pada kelamin’.

dr. Anthony Handoko, SpKK, selaku CEO Klinik Pramudia, mengungkapkan GO yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat, bisa menjalar dan menyebabkan komplikasi.

“Pilek pada alat kelamin atau GO yang dibiarkan berkembang akan mengakibatkan komplikasi dari yang ringan hingga parah,” ungkapnya di Virtual Briefing Media pada Rabu, 5 Agustus 2020.

Merupakan salah satu dari Infeksi Menular Seksual (IMS), Gonore bisa berbahaya dan menjadi komplikasi jika tak diatas dengan tepat. Bahkan bisa sebabkan kemandulan loh.

Kemandulan atau infertilitas bisa jadi bayang-bayang komplikasi terparah jika pasien tak segera mengatasinya. Adanya bakteri Neisseria Gonorrhoeae jadi faktor kuat yang mempengaruhi terhalangnya jalir sel telur yang dikeluarkan ovarium, sehingga menyebabkan kemandulan.

Meski demikian, Gonore bisa disembuhkan secara tuntas loh. Asalkan ditangani dengan cepat dan tepat.

“Gonore bisa diobati secara tuntas, asalkan cepat ditangani. Jadi jangan malu buat konsultasi ke dokter spesialis kelamin,” kata dr.Anthony.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini