Bikin Yuk! Pria Ini Temukan Resep Ayam KFC setelah Eksperimen 1,5 Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, WARWICKSHIRE – Rasa ayam goreng di KFC terkenal kelezatannya. KFC sukses menjual ayam goreng mereka dengan tagline ‘secret recipe’ alias resep rahasia.

Saking enaknya, banyak orang yang mencoba menggali bahan-bahan dalam resep itu. Tak terkecuali pria asal Warwickshire, Inggris bernama Dan Fell ikut mencari tahu resep ayam KFC.

Dikutip dari Metro, Senin 13 April 2020, pria ini pun niat eksperimen selama 1 tahun untuk meniru resep ayam KFC yang gurih meresap hingga ke dalam daging. Ia bahkan bereksperimen hingga 1,5 tahun hingga akhirnya berhasil.

Tak peli ilmu, Dan pun membagikan resepnya pada netizen untuk dibuat selama masa karantina virus corona. Dan mengunggah resep ayam KFC via Twitter.
“Butuh 18 bulan untuk saya tapi saya mereplikasinya. Anda harus punya ‘deep fryer’ dan membutuhkan campuran herba dan rempah yang tepat. Minyak harus di suhu 160-165 C, tidak boleh lebih dan kurang. Ayam harus dalam suhu ruang dan Anda memakai putih telur serta susu untuk membasuh ayam (tidak pakai kuning telur). Sudah buat ini sekitar 30 kali,” tuturnya.

Resep ayam KFC Dan terdiri dari 5 cup tepung terigu, 1 sendok makan (sdm) bubuk paprika, 2 sdm lada putih dan bubuk bawang putih, 1 sdm bubuk jahe, bubuk mustard, garam seledri dan lada hitam, 1/2 sdm oregano dan thyme, serta 1/3 sdm sea salt.

Dan menjelaskan, hal pertama yang dilakukan adalah mencampurkan tepung dan bumbu bersama. Setelah itu gunakan 3 bagian untuk campuran dan 1 bagian untuk tepung self-raising.

Ia lalu membasuh ayam dengan telur dan susu sebelum menggulingkannya di campuran tepung dan bumbu. Untuk menggorengnya pun menggunakan alat deep fryer dengan minyak panas bersuhu 162,5 C.

Soal tips, Dan mengatakan, “Rasa (resep ayam KFC) tergantung banyak hal, minyak yang dipakai, temperatur, suhu ayam, suhu baluran telur, dan garam di ayam.”

Resep Dan pun viral di Twitter. Banyak orang penasaran dan ingin mencoba buat resep ayam KFC ala Dan ini. Salah satunya mengatakan, “Tidak semua pahlawan menggunakan jubah.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini