Bikin Ganggu! Jangan Konsumsi Makanan Ini Sebelum Tidur Gaes!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memang sepatutnya kita menghindari aktivitas makan sebelum tidur ya. Sebab, makanan butuh waktu beberapa saat untuk dicerna oleh tubuh.

Namun, bukan berarti kamu gak boleh makan malam. Bisa aja kok. Asal dilakukan beberapa jam sebelum kamu tidur ya.

Gak cuma itu, ada beberapa jenis makanan yang perlu kamu hindari, terutama menjelang tidur. Sebab, makanan tersebut bisa berbahaya bagi tubuh jika konsumsi di malam hari. Yuk simak!

1. Makanan Pedas

Jika kamu hendak makan malam, baiknya hindari masakan yang pedas deh. Pasalnya, selain bikin lidah nggak nyaman karena kepedasan, cabe juga mengakibatkan perut jadi mules-mules.

Jika perut melilit, maka kualitas tidurmu jadi berkurang lantaran harus bolak-balik ke kamar mandi. Untuk itu, hindari makanan pedas saat santap malam ya!

2. Cokelat

Selanjutnya, ada cokelat yang perlu kamu hindari saat makan malam. Bukan karena bikin gendut, tapi ada sebab lain yang mengharuskan kamu gak mengkonsumsi cokelat menjelang tidur.

Cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung kafein dan theobromine. Kedua hal ini memberikan rasa gugup dan grogi dalam perasaan manusia.

Selain itu, detak jantung kita akan terpacu lebih cepat kalau memakan cokelat hitam sebelum tidur. Kalau sudah begini, biasanya gangguan tidur atau insomnia bisa menghampirimu.

3. Ayam

Sejatinya, tidur akan membuat tubuh serta beberapa organ kita beristirahat. Nah, kamu perlu tahu jika ada makanan yang jika dikonsumsi di malam hari membuat sistem pencernaan jadi gak beristirahat loh.

Makanan tersebut ialah ayam. Ayam mengandung protein yang besar, dan hal itu bakal melambatkan proses pencernaan sebanyak 50 persen di dalam tubuh.

Jadi, yang harusnya tubuh kita beristirahat pas tidur, malah bakal terus bekerja untuk mencerna makanan selama kita terlelap.

4. Minuman Beralkohol

Terakhir ialah minuman beralkohol. Buat kamu yang beranggapan minum bir atau wine bisa bikin cepat mengantuk, kamu salah!

Selain gak sehat untuk tubuh, minuman beralkohol juga dikenal sebagai kadar yang bisa membuat manusia jadi sering buang air kecil. Jadi, saat kamu minum minuman beralkohol sebelum tidur, kamu akan sering buang air kecil dan hasilnya bakal sering terbangun untuk ke toilet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini