Bikin Gaduh, Ini 5 Prank yang Pernah Menggemparkan Tanah Air

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masyarakat Indonesia belum lama ini dibuat heboh oleh seorang pria asal Sumedang, Yana Supriatna dilaporkan hilang pada tanggal 16 November 2021 di daerah Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang.

Yana yang hilang tersebut sebelumnya sempat mengirim pesansuara lewat Whatsapp kepada sang istri.

Setelah dilakukan pencarian, ternyata dua hari kemudian Yana Supriatna muncul di Cirebon dalam keadaan sehat. Hal ini sontak membuat netizen terkejut dan menganggap ini hanya prank semata.

Kejadian ini bukan pertama kali di tanah air. Sebelumnya, kejadian hampir serupa juga pernah terjadi di Indonesia.

Berikut sederet aksi prank atau bohong yang sempat menjadibuah bibir masyarakat Indonesia.

1. Skandal Dwi Hartanto

Harum benar nama Dwi Hartanto bagi bangsa Indonesia. Sebagai seorang mahasiswa yang mengenyam pendidikan tinggi di Belanda, pemuda itu mengaku telah mendulang segudang prestasu di bidang aeronautika.

Kabar prestasinya itupun banyak dimuat berbagai media di Tanah Air. Dwi mengaku telahmenamatkan studi doktoralnya di TU-Delft bidang kedirgantaraan, dengan beasiswa dari pemerintah Belanda.

Dwi mengklaim berhasilmenyikutseluruh lawan dan sukses duduk di puncak podium tertinggi dalam bidang bidang kategoririset Spacecraft Technology. Ia memenangi kompetisi itu denganmengusung riset yang berjudul “Lethal weapon in the sky” atausenjata yang mematikan di angkasa.

Segala kabar harum semerbak yang Dwi klaim hanyalah sebuahinformasi palsu semata. Ia mengaku, sejumlah prestasi ini dan itu yang telah ia klaim hanyalah kebohongan.

Melalui dokumen ini, saya bermaksud memberikan klarifikasidan memohon maaf atas informasi-informasi yang tidak benartersebut,” lanjut Dwi menguak kebohongannya.

2. Youtuber Ferdian Paleka

Pada 2020, YouTuber Ferdian Paleka menjadi sorotan karena video prank membagikan sembako berisi sampah di Kota Bandung, Jawa Barat. Tak lama, Ferdian Paleka bersama dua rekannya,

Tubagus Fahddinar dan M Aidil ditetapkan sebagai tersangka kasus konten video penghinan.

3. Youtuber Palembang

Kisah Ferdian Paleka kembali berulang. Kali ini video prank berjudul ‘Prank Bagi Bagi Daging ke Emak-Emak IsinyaSampah #THEREALPRANK’ diposting di channel Youtube Edo Putra Official menyeret Edo Putra dan rekannya keMapolrestabes Palembang.

Video berdurasi 11,56 menit tersebut sudah ditonton lebih dari 600 ribu. Channel Youtube Edo Putra Official tersebut, juga sudah diikuti sekitar 10,3 ribu subscriber.

Ternyata, video prank berisi sampah ini pernah dilakukan Edo Putra sebelumnya. Pada 25 Mei 2020 lalu, Youtuber Palembang ini mengunggah video berjudul ‘Prank Bagi-bagi THR ke Bocil Isinya Sampah’.

Video prank kantong daging kurban yang ternyata berisi sampah , diposting Edo Putra pada hari Jumat 31 Juli 2020, tepat di hari pertama Idul Adha 1441 Hijriah. Usai memposting video prank tersebut, Edo bersama rekannya langsung diamankan petugas  Mapolrestabes Palembang.

Reporter : Nabila Kuntum Khaira Umma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini