Ilustrasi pasangan (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Membangun bisnis yang sukses bukanlah perkara mudah. Perlu pertimbangan, niat dan strategi yang baik agar bisnis kamu tetap berjalan.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan konten, banyak masyarakat memilih untuk melakukan bisnis bersama-sama dengan keluarga atau kerabat termasuk dengan pasangan.

Fakta banyak pasangan yang memilih untuk melakukan usaha bersama tidaklah mengherankan. Mereka merasa membuat bisnis dengan orang terdekat bisa mempermudah mengatur usahanya. Padahal, tetap saja akan ada masalah dan rintangan jika mereka tidak dengan pintar dan bijak mengelolanya.

Meski tak mudah, membangun bisnis bersama pasangan merupakan pilihan yang baik. Kamu bisa mewujudkan impian bersama melalui bisnis tersebut. Tapi, tetap harus diperhatikan aturan-aturannya ya!

Biar bisnismu dengan pasangan lancar dan hubungan kalian makin langgeng, yuk simak tips di bawah ini agar usahamu dan si dia jadi suskes berat!

1. Berkomitmen dengan Tujuan yang Sama

Hal pertama yang perlu kamu lakukan bersama pasangan saat memulai sebuah bisnis ialah berkomitmen dengan tujuan yang sama. Pasalnya, jika tujuanmu dan si dia berbeda, maka hasil dari usahamu bisa berantakan.

Tak masalah jika kamu dan pasanganmu memiliki perbedaan pendapat atau ide. Kalian bisa menemukan jalan tengahnya, asalkan sama-sama memiliki tujuan yang baik untuk usaha kalian.

Menurut Lauryn Evarts Bosstick, pendiri The Skinny Confidential, pemilik podcast HIM & HER mengatakan, tips nomor satu untuk memulai bisnis dengan pasangan kamu adalah memahami bahwa ini tentang memberi dan menerima.

2. Rencanakan Waktu Memulai Bisnis

Setelah merasa niat dan komitmen dengan pasangan satu tujuan, mulailah luangkan waktu untuk memulai perencanaan bisnis yang kamu buat. Pastikan rencana tersebut sudah sangat matang agar persiapannya lebih maksimal.

Persiapkan waktu yang tepat saat hendak memulai usaha dengan pasanganmu. Jangan sampai ada salah satu dari kalian yang bentrok dengan urusan lain sehingga tak bisa mengatur pembukaan bisnis tersebut dengan maksimal.

3. Kurangi Ego

Inilah hal yang paling penting dalam membangun sebuah bisnis bersama pasangan, yakni menurunkan rasa ego masing-masing. Ketahuilah bahwa membuka usaha bersama harus perlu komunikasi yang intens dan kepala dingin.

Pasalnya, bisnismu bisa saja gagal di tengah jalan hanya karena ego dari kalian yang tak bisa dibendung. Jika pasanganmu mempunyai masukan untuk usaha kalian, biarkanlah ia menjelaskannya terlebih dahulu. Jika dirasa kurang cocok, kamu bisa diskusikan dengan baik agar usahmu berjalan lancar.

4. Bersikap Profesional

Meski kalian adalah pasangan, bukan berarti bisa sembarangan melakukan sesuatu tanpa didiskusikan terlebih dahulu. Tanamkanlah dalam diri bahwa kalian adalah rekan bisnis. Dengan begitu kamu dan pasangan bisa bersikap profesional.

Pastikan juga untuk tidak membawa masalah rumah tangga ke dalam bisnis kalian. Jika hal tersebut dilakukan, usaha kalian bisa berantakan dan tidak teratur.

5. Atur Komunikasi

Tak cuma perihal ego, komunikasi dalam membangun sebuah bisnis merupakan hal yang penting. Tanpa komunikasi, bisnismu dan pasangan bisa hancur dan tak menutup kemungkinan pula menimbulkan konflik pada hubungan kalian.

Untuk itu, jika ada masalah atau saran yang perlu disampaikan, komunikasikanlah dengan baik. Jangan lupa, tetap gunakan kepala dingin agar maksud dan tujuan dari hal yang kalian bahas bisa tersampaikan dengan benar.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here