Ilustrasi liburan saat musim hujan (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Minggu ini tampaknya menjadi waktu santai bagi banyak masyarakat. Pasalnya, ada libur panjang yang dimulai dari Rabu 28 Oktober hingga Minggu 1 November 2020. Tentu banyak orang yang mulai mempersiapkan liburan mereka.

Meski sedang libur panjang, akhir bulan Oktober ini sejumlah daerah di Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Instesitas hujan pun cukup lebat disertai dengan petir dan angin kencang.

Jadi, gimana dong yang sudah gak sabar mau liburan?

Tenang gaes! Kamu tetap bisa liburan dengan aman dan nyaman kok meski di musim hujan seperti ini.

Nih, biar kamu gak kebahasan saat lagi liburan dan travelling, yuk simak beberapa tips untuk kamu yang hendak menikmati long weekend meski diguyur hujan.

1. Bawa Payung dan Jas Hujan

Tips traveling saat musim hujan yang pertama pastinya adalah menyiapkan payung dan jas hujan. Dua benda pelindung tubuh dari hujan ini harus banget masuk ke dalam daftar barang yang harus kamu masukkan ke dalam koper kamu saat packing.

Payung dan jas hujan yang kamu bawa berguna untuk mengantisipasi datangnya hujan saat kamu sedang jalan-jalan. Pasti bakalĀ  bete banget kalau lagi travelling, kamu malah basah kuyup.

2. Siapkan Baju Hangat

Benda selanjutnya yang perlu kamu bawa ialah baju hangat. Selain menghindari basah, tentu kamu gak mau kan sampai kedinginan dan masuk angin pas lagi jalan-jalan? Nah, memakai baju hangat berbahan tebal bisa menjaga kulitmu dari hawa dingin yang menusuk saat hujan.

Maka, siapkan sweater, hoodie dan jaketmu ketika hendak pergi berlibur ya! Apalagi, destinasi yang kamu tuju juga memiliki udara dingin.

3. Pakai Tas yang Tahan Air

Salah satu cara untuk mencegah barang-barang kamu basah saat travelling di musim hujan ialah menggunakan tas yang tahan air. Tas yang tahan air akan melindungi kamu dari kemungkinan barang bawaanmu basah karena hujan.

Tentunya, hal ini penting banget karena pastinya kamu punya gadget atau barang lainnya yang bisa hang bahkan rusakĀ kalau terkena air.

4. Bawa Obat-obatan

Cuaca yang dingin saat liburan di musim hujan, gak menutup kemungkinan membuatmu jatuh sakit. Mulai dari pusing, masuk angin, hingga demam.

Biar acaramu gak terganggu dengan kondisi tubuh yang gak fit, jangan lupa untuk selalu bawa obat-obatan pribadi ya. Sarapan terlebih dahulu sebelum berpergian, biar energimu tetap terjaga.

5. Mencari Alternatif Destinasi Wisata Indoor

Berkunjung ke destinasi wisata di luar ruangan memang menyenangkan. Selain bisa menikmati pemandangan alam, wisata outdoor juga memberikan udara segar yang mungkin jarang kita hirup di perkotaan.

Namun, saat musim hujan seperti ini, ada baiknya kamu mencari alternatif destinasi wisata indoor ya! Sebab, liburan di tempat yang tertutup tentu bisa melindungi dari terkena hujan lebat yang bikin sakit.

Coba untuk mulai research wisata indoor apa yang seru untuk kamu kunjungi dengan keluargamu. Pastikan harganya juga terjangkau ya!

6. Cek Ramalan Cuaca

Gak ada salahnya kok sebelum berangkat berlibur kamu memeriksa bagaimana ramalan cuaca hari ini. Kamu bisa dapat gambaran apakah nanti akan hujan atau tidak.

Meski gak 100 persen akurat, ramalan cuaca bisa jadi panduanmu, apalagi saat liburan di tengah cuaca yang tak menentu. Kadang hujan, kadang juga panas.

7. Pilih Kuliner Hangat

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan saat liburan di musim hujan ialah mencari kuliner yang hangat. Selain nikmat, kuliner hangat juga bisa menjaga tubuhmu dari dinginnya udara.

Jadi, hindarilah kedai dan jajanan cemilan dingin seperti es krim dan minuman boba ya. Kamu bisa ganti dengan makanan yang berkuah atau minuman hangat lainnya seperti susu jahe, teh hangat dan sebagainya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here