Biar Aman! Ini Tips Pengendara Motor di Musim Hujan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jakarta dilanda hujan lebat pada Senin, 14 September 2020. Di rumah kamu hujan gak gaes?

Nah, kabarnya menurut Badan Meteorologi Krematologi dan Geofisika (BMKG), musim penghujan mulai melanda pada akhir bulan Oktober nanti. Gak ada salahnya kamu persiapkan dirimu untuk musim penghujan sejak dini ya.

Termasuk buat kamu pengendara motor. Di musim penghujan nanti, pengendara motor perlu memperhatikan keamanan berkendara untuk meminimalisir kejadian yang tak diinginkan.

Untuk itu, ada sejumlah hal penting yang perlu dipersiapkan para pengendara motor sebelum bepergian saat musim hujan ya biar perjalananmu jadi aman dan nyaman. Yuk simak!

1. Siapkan Jas Hujan

Sangat penting menyiapkan jas hujan ketika sudah memasuki musim penghujan. Namun, jangan asal pilih jas hujan nih gaes.

Gunakanlah jas hujan two piece (baju dan celana), bukan ponco atau semacamnya. Diketahui jas hujan ponco bisa menyebabkan celaka karena sering tersangkut di gear (rantai) motor , dan pengendara kesulitan mengendarai motornya.

2. Jaga Kecepatan

Saat hujan nanti, otomatis jalanan akan lebih licin dari biasanya. Pastikan kamu mengendarai motormu dengan kecepatan yang lebih pelan ya.

Hal ini, guna mencegahmu mengerem mendadak yang bisa menyebabkan ban motormu selip dan menyebabkan kecelakaan. Jadi, jaga kecepatanmu saat berkendara ya.

3. Periksa Kondisi Motor

Selain menjaga kecepatan saat berkendara, memerikasa kondisi motor juga perlu dilakukan di musim penghujan ini. Pastikan rem dan ban dalam kondisi aman ya. Sebab, jika bermasalah, maka bisa meningkatkan risiko kecelakaan lebih tinggi.

4. Menyalakan Lampu Utama

Pesepeda motor diwajibkan menyalakan lampu utama pada saat hujan, walaupun siang hari. Saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, jadi penggunaan lampu merupakan solusi agar kita bisa terlihat pengendara lain dan sebaliknya.

5. Tingkatkan Kewaspadaan

Saat hujan turun, bisa saja ada lubang yang dalam dan tergenang air dari hujan. Tentu itu membuat para pengendara sulit menyadarinya.

Dengan demikian, tingkatkan fokus dan kewaspadaanmu ya. Kembali ke poin dua untuk menjaga kecepatan. Sebab, jika kamu menghantam lubang tersebut dan kondisimu tak fokus, bisa saja kamu oleng dan terjatuh saat berkendara di musim hujan.

Nah, meski ke lima tips tersebut telah kamu terapkan, tetap perhatikan curah hujannya ya. Jika dirasa cukup deras, menepilah ke tempat yang aman untuk menunggu hujan lebih reda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini