Berkunjung ke Vietnam, Trump-Kim Jong Un Wajib Cicipi Kuliner Khas Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Ibukota Hanoi, Vietnam, menjadi saksi sejarah pertemuan dua pimpinan negara yakni Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam KTT II. Sebelumnya pertemuan keduanya digelar di Singapura pada Juni 2018.

Kali ini, kita tidak membahas hasil pertemuan keduanya. Tapi mengenai kuliner khas di Vietnam yang wajib dicicipi oleh Trump dan Kim. Tercatat ada Ada lima hidangan yang tak boleh terlewat saat berkunjung ke Hanoi, apa saja?

1. Cha Ca

Hidangan ini adalah ikan yang digoreng dengan bumbu kunyit dan adas sowa (dill). Orang Hanoi menganggap Cha Ca begitu istimewa. Saking istimewanya, mereka mengambil sebagai nama jalan. 

Sesuai dengan namanya, Jalan Cha Ca berisi para pedagang yang bersaing untuk menjual Cha Ca terbaik. Namun yang paling populer ialah Ca La Vong, salah satu restoran tertua di Hanoi sekaligus toko pertama yang buka di Jalan Cha Ca.

Melansir dari CNN, ikan goreng ini sudah ada sejak lebih dari 130 tahun lalu. Sajian pertama kali ditemukan oleh keluarga Doan yang menyajikannya sebagai makanan khusus untuk kolonial Perancis. 

2. Banh Tom

Sekilas, Bahn Tom mirip dengan bakwan udang. Hanya saja, Bahn Tom bahannya agak berbeda yakni, lobster air tawar atau udang dari Danau Barat, tepung dan ubi. 

Pengolahannya pun berbeda. Udang atau lobster tidak dicincang dan dicampur dengan adonan tepung tetapi diletakkan utuh begitu saja. Setelah digoreng, kudapan ini biasanya disajikan bersama daun selada air sebagai pembungkus plus cabai, perasan jeruk nipis dan saus ikan untuk celupan. 

3. Bun Ca

Selain pho, Bun Ca juga bisa dijadikan pilihan hidangan berkuah. Dalam kuah ada kombinasi ikan giling goreng, adas kowa (dill), tomat, bawang bombai hijau dan perilla seperti daun mint.

 Mark Lowerson, pendiri Hanoi Street Tours menyebut Van adalah tempat yang tepat untuk mencari Bun Ca. Untuk menikmati Bun Ca, ia pun memberikan sedikit tips.  “Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis, cuka, cabai dan rempah untuk mendapatkan keseimbangan rasa asin, asam, manis dan pedas.”  

4. Bun Rieu Cua

Bun Rieu Cua adalah sup bihun daging atau seafood dengan kuah merah tua yang khas. Kaldu terbuat dari pasta tomat dan minyak annatto yang terbuat dari biji pohon kesumba keling (achiote). 

Duo topping favorit sup berupa kepiting air tawar dan tomat rebus. Pasta asam memberikan rasa asam pada kaldu ditambah dengan potongan tahu goreng yang renyah. Bun Rieu Cua enak terdapat di warung roti tepi jalan di jalan Tho Xuong Alley, dekat Katedral St. Joseph. 

5. Ca Phe Trung

Untuk minumannya, coba cicipi kopi telur alias Ca Phe Trung. Ini minuman kopi Vietnam dengan campuran telur yang memberikan sensasi lembut, creamy seperti busa. Cafe Giang mengklaim diri sebagai penemu minuman ini. 

Ada dua jenis kopi telur yang disajikan, versi panas dan dingin. Versi dinginnya nyaris seperti hidangan penutup dan dinikmati sedikit demi sedikit dengan sendok. Sedangkan versi panas hadir dalam wadah air panas untuk menjaga temperaturnya. Bagian dasar gelas menyimpan rasa kopi yang kuat dan lapisan atas berupa telur yang menyerupai busa.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini