Berkadar Air Tinggi, 6 Buah Ini Wajib Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Cuaca panas membuat tubuh manusia menjadi sering dehidrasi dan kelelahan. Agar kebutuhan cairan tetap stabil, selain banyak minum air putih, mengonsumsi buah yang kaya air juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan di tubuh kita.

Buah-buahan dengan kuantitas air yang kaya, memiliki berbagai kandungan nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat yang akan membuat Anda tetap segar saat beraktivitas. Berikut adalah beberapa buah yang memiliki kadar air tinggi:

1. Semangka

Semangka berisi 92 persen kandungan air. Likopen dan citrulline yang terkandung dalam buah ini memainkan peranan penting dalam menurunkan resiko penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, mangan, folat, kalium, vitamin B, dan flavonoid yang bisa membantu menjaga kolesterol jahat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu kandungan serat yang tinggi dalam stroberi juga melancarkan pencernaan.

3. Persik

Persik mengandung beta-karoten, likopen dan lutein, yang baik untuk mata dan hati kita. Kadar air dalam buah persik mencapai 88 persen. Buah yang menyegarkan ini memiliki sifat anti-inflamasi. Selain dapat membantu penurunan berat badan, kandungan vitamin C dalam buah persik juga baik untuk kulit.

4. Blewah

Menurut buku ‘Healing Food’, satu porsi blewah memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan vitamin A dan C harian Anda. Blewah terdiri 90 persen kandungan air yang juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, bagus untuk menjaga kesehatan mata.

5. Nanas

Nanas kaya akan vitamin C, buah yang berair dan lezat ini juga merupakan sumber mangan serta kaya serat. Nanas juga memiliki banyak sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan sakit perut.

6. Aprikot

Aprikot mengandung 86 persen kandungan air. Buah yang rendah kalori dan tinggi serat ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat kulit bersih dan melindungi penglihatan.

Berita Terbaru

Usai Prabowo-Gibran Ditetapkan Presiden-Wakil Presiden, PKS DIY dan PDIP Pilih Fokus Menangkan Pilkada

Mata Indonesia, Yogyakarta - Penetapan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka oleh KPU RI sudah dilakukan sejak 24 April 2024 kemarin. Sejumlah partai oposisi pun termasuk paslon kubu 01, Anies-Muhaimin dan 03, Ganjar-Mahfud sempat melayangkan gugatan sengketa Pemilu 2024, yang dianggap penuh kecurangan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini