Berjalan Kaki 30 Menit Per Hari, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Saat ini orang sudah jarang melakukan jalan kaki jika ingin pergi ke suatu tempat walaupun itu jaraknya sangat dekat. Orang-orang lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum atau daring. Saat membeli makanan, banyak yang memilih layanan pesan makanan online daripada berjalan ke luar rumah.

Padahal dengan berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari dapat memberi banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko banyak penyakit kronis.

Melina B. Jampolis, penulis buku The Doctor on Demand Diet mengatakan berjalan kaki adalah latihan nomor satu yang direkomendasikan untuk sebagian besar pasiennya karena sangat mudah dilakukan dan memiliki manfaat mental serta fisik yang luar biasa. Berikut beberapa manfaatnya bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan suasana hati

Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan teratur sebenarnya memodifikasi sistem saraf sehingga dapat menurunkan kemarahan dan rasa kesal. Apalagi jika melakukan jalan-jalan dengan pasangan, tetangga, atau teman baik dapat membuat rasa koneksi dan terhubung dengan mereka.

  1. Membakar kalori

Ketika rutin berjalan kaki Anda mungkin merasakan celana Anda mulai lebih longgar di bagian tengan tubuh Anda, bahkan jika angka pada skala timbangan tidak terjadi perubahan.

Ariel Lasevoli, pelatih pribadi di pusat kebugaran Crunch di New York menambahkan bahwa berjalan kaki setiap hari adalah salah satu cara paling efektif untuk untuk mengubah komposisi tubuh.

Berjalan setiap hari meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori ekstra dan mencegah kehilangan otot yang sangat penting seiring bertambahnya usia.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

The American Diabetes Association mengatakan bahwa berjalan menurunkan kadar gula darah dan risiko diabetes secara keseluruhan.

Penelitian lain dari University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan bahwa berjalan kaki secara teratur menurunkan tekanan darah sebanyak 11 poin dan dapat mengurangi risiko stroke hingga 20-40 persen.

  1. Sistem pencernaan meningkat

Rutinitas berjalan secara teratur dapat meningkatkan pergerakan usus, kata Tara Alaichamy, ahli terapi fisik di Pusat Perawatan Kanker di Amerika.

  1. Melindungi Sendi

Faktanya penelitian menunjukkan bahwa berjalan setidaknya 10 menit sehari atau sekitar satu jam setiap minggu dapat mencegah kecacatan dan nyeri radang sendi pada orang dewasa yang lebih tua.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian dari Arthritis Research and Therapy menunjukkan bahwa latihan interval berjalan intensitas tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan pada orang tua dengan penyakit radang sendi.

Sebuah studi terbaru juga menunjukkan bahwa berjalan dapat membantu pasien dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) mengurangi risiko morbiditas dan mortalitas.

  1. Panjang umur

Sebuah studi dalam Journal of American Geriatrics Society menunjukkan bahwa orang dewasa di antara usia 70 dan 90 tahun yang meninggalkan rumah dan aktif secara fisik akan hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda berolahraga secara teratur Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah studi tahun 2019 dari Sleep menemukan bahwa wanita pascamenopause yang melakukan aktivitas fisik intensitas ringan hingga sedang dapat tidur lebih baik di malam hari daripada mereka yang tidak melakukannya.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini