(Foto: Pinterest)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sugar glider merupakan hewan sejenis posum yang memiliki perilaku omnivora, arboreal, dan noktural serta termasuk dalam infrakelas marsupialia. Sugar glider disebut dengan nama ilmiah Petaurus Breviceps.

Hewan ini memiliki ciri khas meluncur seperti tupai terbang. Nama lain sugar glider dalam bahasa Indonesia adalah Wupih Sirsik yang merupakan satwa endemik dari daratan utama Australia, Pulau Papua, dan pulau – pulau tertentu di Indonesia.

Hewan ini awalnya mulai didatangkan ke pulau Tasmania pada tahun 1830-an. Sugar glider merupakan hewan peliharaan eksotis yang popular, tetapi dilarang di beberapa daerah, seperti sebagian dari Autralia dan Amerika Serikat.

Sugar glider memiliki ciri utama yaitu membran meluncurnya yang disebut patagium. Patagium merupakan membran atau lapisan tipis yang ditumbuhi rambut membentang dari pergelanagan tangan hingga pergelangan kaki, patagium inilah yang digunakan sugar glider untuk terbang dari satu pohon ke pohon lain dengan merentangkan tangan dan kakinya.

Apabila Anda hendak memelihara sugar glider, maka Anda harus paham bagaimana agar sugar glider tersebut dapat jinak. Karena pada dasarnya, hewan tersebut tidak langsung jinak kepada pemiliknya.

Menjinakkan sugar glider membutuhkan latihan dan kesabaran. Karena proses yang dibutuhkan cukup lama, sekitar hitungan minggu, bahkan bulan untuk membuat sugar glider jinak dan bonding.

Apakah bonding itu? Bonding berarti terikat artinya sugar glider sudah dapat bonding apabila ia sudah ada ikatan dengan Anda. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut tips membuat sugar glider jinak dan bonding:

  1. Ajak Main Setiap Hari

Memelihara hewan bukan sekadar diberi makan dan dibiarkan begitu saja di dalam kandangnya. Anda dapat mengajak bermain sugar glider yang dipelihara dengan cara membelai kepala atau mengelus badannya. Sehingga sugar glider akan merasa bahwa kita adalah temannya bermain.

  1. Beri Makan dengan Tangan Kita (Handfeed)

Hal ini dilakukan supaya sugar glider percaya kepada Anda. Kebutuhan makan adalah naluri dasar semua makhluk hidup. Sehingga, jika Anda bisa mengasosiasikan makanan dengan diri Anda, maka akan mempercepat terbentuknya kepercayaan sugar glider tersebut.

Tujuan memberi makan dengan tangan kita (handfeed) adalah sebagai bentuk perkenalan agar sugar glider tidak takut dengan Anda. Lakukanlah handfeed dengan perlahan dan jangan dengan gerakan cepat. Agar ia mau makan saat Anda handfeed, kemudian beri dia makan malam saja dengan porsi sedikit seperti 2-3 sendok bubur. Ketika siang atau sore hari baru Anda beri makan dengan cara handfeed.

  1. Meletakkan Kandang di Tempat yang Banyak Dilewati Orang

Hal ini dilakukan agar sugar glider dapat beradaptasi dan membiasakan diri dengan keberadaan manusia di lingkungannya. Semakin sering ia melihat manusia, maka akan semakin cepat dia terbiasa dan tidak takut dengan manusia.

  1. Bau Keringat Badan Anda

Cara lain untuk membonding dan menjinakkan sugar glider adalah dengan mengahafalkan bau badan Anda kepada sugar glider. Sugar glider adalah hewan teritorial yang menandai wilayahnya dengan bau.

Dengan cara meletakkan baju atau kain yang mempunya ciri khas bau keringat Anda setiap hari ke dalam bonding pouch atau kandangnya, akan membuat proses menjinakkan sugar glider dengan cepat karena ia akan terbiasa dengan bau keringat atau bau badan Anda tersebut. Proses ini akan memakan waktu lumayan lama, Anda harus sabar agar ia hafal dengan bau badan Anda.

  1. Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat lebih baik dilakukan pada siang hari. Saat sugar glider sedang lelah dan mengantuk, ia akan lebih cenderung diam dan tidur. Jika ia menggigit, kekuatannya tidak sama seperti waktu di malam hari.

Kadang ia tidak sadar jika sedang tidur di pangkuan Anda. Jika Anda tidak sempat melatih sugar glider di siang hari, Anda dapat melakukannya di malam hari. Namun, akan lebih sulit dilakukan.

  1. Memberikan Suatu Kebiasaan

Sugar glider adalah hewan yang memiliki daya ingat tinggi. Ia dapat Anda latih dengan cara membiasakan suatu tindakan yang Anda inginkan. Misalnya dengan membiasakan memasukan sugar glider ke dalam baju, maka lama kelamaan ia akan otomatis masuk sendiri ke dalam baju. Atau bila Anda sering menaruhnya di pundak, maka ia akan terbiasa diam di pundak Anda. Dan masih banyak hal lainnya yang dapat Anda coba.

  1. Sering Menggigitkan Jari ke Mulutnya

Salah satu cara menjinakkan sugar glider dengan cepat adalah dengan sering menggigitkan jari ke mulut sugar glider. Cara ini memang terlihat lebih ekstrim, namun nyali Anda harus berani dan harus tega. Sudah terbukti banyak orang yang melakukan cara ini untuk menjinakkan sugar glider mereka, dan dalam hitungan jam atau pun hari sugar glider akan jinak dan tidak menggigit lagi.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjinakkan dan membonding sugar glider. Hal itu dilakukan agar sugar glider milik Anda dapat menjadi hewan peliharaan dengan skill khusus yang diajarkan oleh tuannya. Sehingga ia akan merasa bahwa pemiliknya adalah teman terdekat mereka.

 

Reporter:  Reygita Laura

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here