Rambut keriting. (Foto: Ouidad)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi Anda pemilik rambut keriting, mungkin masalah yang kerap Anda hadapi adalah kusut dan sulit diatur. Padahal sejatinya, cara merawat rambut keriting tidak sesulit yang dibayangkan.

Melansir Times of India, dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini, rambut keriting Anda akan lebih mudah diatur. So, Anda tak perlu kesal dan bingung lagi.

Pilih sampo yang tepat

Gunakan sampo ringan yang bebas bahan kimia beracun seperti alkohol, sulfat, dan paraben yang dapat membuat iritasi kulit Anda.

Perawatan pra-sampo

Oleskan masker rambut atau minyak kondisioner pada rambut kering Anda. Biarkan kondisioner selama 20 menit. Ini memastikan kondisioner meresap ke rambut Anda dengan baik.

Jangan sering menyisir

Tahan keinginan untuk menyisir rambut Anda. Jika perlu, gunakan sisir bergigi jarang pada rambut Anda sebelum keramas. Kemudian setelah keramas, gunakan jari-jari Anda selayaknya Anda menyisir rambut.

Temperature penataan rambut

Temperature tinggi dari alat penata rambut akan menghilangkan tekstur alami rambut Anda. Batasi penggunaan penataan rambut dan gunakan semprotan pelindung panas.

Gunakan sisir bergigi yang jarang

Ini akan membantu menghilangkan kusut pada rambut keriting Anda. Mulailah dengan menyisir dari bawah ke atas. Jangan pernah menggunakan sisir dengan jarak yang dekat, sebab hal ini akan merusak tekstur alami rambut Anda.

Selalu keramas dengan air dingin

Mandi air panas akan menghilangkan minyak alami dan sebum dari kulit kepala dan rambut Anda. Pembilasan air dingin sangat dianjurkan, karena ini aman dan baik untuk rambut keriting Anda.

Pangkas rambut Anda untuk menghindari ujung bercabang

Pangkas rambut Anda setiap 608 minggu untuk menghilangkan ujung yang bercabang dan rambut rusak.

Pengobatan alami

Buat masker rambut dari telur, minyak zaitun, cuka, dan mayones. Aduk semua bahan dan oleskan ke rambut Anda. Bilas dengan sampo ringan setelah 30 menit.

Minyak untuk rambut keriting

Gunakan minyak kelapa ringan untuk rambut keriting. Pakailah ujung jari Anda untuk memijat minyak ke kulit kepala Anda. Oleskan sebelum tidur dan cuci di pagi hari.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here