Berhemat saat Pandemi, Ini 5 Makanan Bergizi dan Murah!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ditengah Pandemi Covid-19, sehat itu penting dan berharga. Kamu tidak boleh menyepelekan kesehatan dan juga asupan makanan. Meskipun harus hemat karena kondisi yang sulit, makanan yang didapat juga bisa tetap sehat lho.

Caranya, kamu harus merencanakan terlebih dahulu menu yang ingin dimakan esok hari. Sehingga tidak asal beli saat belanja hal ini mengurangi resiko belanja bahan yang tidak perlu dan malah menghabiskan uang saja.

Selain itu, jangan membeli makanan di luar. Akan lebih hemat dan sehat jika kamu memasak makanan sendiri.

Perhatikan juga porsi makan agar bahan yang di masak tidak terbuang dan masih bisa dimasak dilain waktu, makanan yang tersisa juga masih bisa kamu panaskan kembali untuk di makan keesokan harinya lho. Kamu juga bisa mengurangi olahan daging untuk menekan biaya pengeluaranmu, tidak perlu mewah untuk makan yang sehat.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan makanan yang sehat dengan harga yang terjangkau. Karena makanan yang sehat tidak selalu membuat kita mengeluarkan uang yang banyak.

1. Tempe

Tempe dapat disimpan selama 10 hari di dalam kulkas dengan keadaan yang segar, selain itu tempe merupakan sumber protein nabati yang baik dan juga vitamin B12. Jadi, kamu tidak harus stok ikan untuk kebutuhan proteinmu. Selain harganya yang murah tempe juga bisa kamu masak dengan berbagai macam variasi.

2. Tahu

Tahu yang segar dapat kamu simpan tujuh hari di kulkas. Sama halnya dengan tempe yang kaya akan protein, tahu juga dikenal dengan protein nabati yang digunakan sebagai vegetarian. Sumber mangan, selenium, dan fosfor yang baik juga ada pada tahu.

Tahu juga merupakan bahan pangan yang murah sebagai salah satu opsi pemenuhan kebutuhan protein. Selain itu karna tidak memiliki rasa, tahu dapat digunakan pada masakan apapun, contohnya sup, tumis, bahkan membuat cemilan hingga kue.

3. Telur

Telur yang belum di rebus dapat bertahan hingga 3-5 minggu, sementara yang sudah di rebus dapat bertahan selama tujuh hari. Protein terdiri dari dua macam, yaitu protein hewani dan nabati.

Protein hewani biasanya kita dapatkan dari ikan, ayam, daging, susu dan olahannya. Selain itu, protein hewani juga dapat kita temukan dari telur yang harganya sangat terjangkau serta dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Jadi, jika kamu bosan dengan sumber protein nabati pada tahu dan tempe kamu bisa menjadikan telur sebagai opsi selanjutnya. Satu butir telur berukuran besar memiliki 6,3 gram protein berkualitas tinggi ditambahkan serangkaian vitamin dan mineral termasuk vitamin B12, choline, dan biotin.

4. Pisang dan Jeruk

Pisang dan Jeruk dikenal dengan buah yang sehat dan murah di antara buah lainnya. Buah ini memiliki sumber nutrisi dan antioksidan yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan tubuh, dan jangan lupa kaya dengan vitamin C

5. Yogurt

Yogurt dapat disimpan selama satu bulan dan dapat menggantikan susu dengan sumber gizi yang lebih banyak dari pada susu. Yogurt merupakan sumber terbaik protein, kalsium, vitamin B12, dan fosfor. Produk susu fermentasi memiliki bakteri baik yang kita sebut probiotik

Selain itu, kamu juga harus membeli sayur, banyak aneka macam sayur yang murah dan tentunya bergizi, seperti bayam, kangkung, buncis, dan lainnya.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini