Home Gaya Hidup Berawal dari Low Tech, Begini Asal Usul Lotek

Berawal dari Low Tech, Begini Asal Usul Lotek

1
2325
Lotek

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lotek, siapa yang tak kenal makanan khas asal tanah pasundan tersebut. Makanan sehat berisi berbagai sayuran rebus seperti kangkung, kacang Panjang, kol, labu siam, selada, tauge dan disiram dengan saus kacang ini ada disetiap sudut-sudut jalan tidak hanya di jawa barat saja.

Penyebutan low tech oleh Jurnalis Inggris yang terlalu sulit untuk masyarakat sunda. Sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan penyebutan yang menjadi asal usul kata “Lotek”.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Lotek muncul pada tahun 1970an. Pada waktu itu ada seorang jurnalis Inggris yang sedang bertugas di Parongpong, Jawa Barat dan ingin menyantap salad.

Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan makanan siap santap yang slalu dikonsumsi masyarakat eropa. Namun kerena di daerah Parongpong, jurnalis tersebut tidak menemukan satupun pedagang dan warung makan yang menyediakan salad. Maka, dirinya berniat untuk membuatnya sendiri dengan bahan yang seadanya.

Selain menggunakan bahan seadanya, dirinya juga menggunakan alat tradisional seadanya untuk membuat salad. Dalam Bahasa Inggris, peralatan atau teknologi sederhana disebut dengan Low Tech. Namun karena pelafalan Low Tech terbilang susah untuk masyarakat sunda, maka pelafalan tersebut disederhanakan menjadi Lo-tek.

Penyebutan Lotek oleh masyarakat sunda menjadi turun temurun. Sehingga, secara tidak langsung makanan yang mirip dengan gado-gado tersebut diberi nama oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Lotek.

Satu porsi lotek memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi yakni karbohidrat sebanyak 31 persen, lemak 48 persen dan protein 21 persen. Menurut penelitian para ahli gizi, klorofil yang terkandung dalam sayuran hijau dapat dimanfaatkan untuk merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia atau kurang darah.

Selain itu, sayuran hijau berfungsi sebagai antioksidan dimana sangat bermanfaat bagi mencegah penuaan dan kanker. Sedangkan kacang tanah yang terdapat dalam lotek terbukti bermanfaat untuk menurunkan kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko jantung.

Reporter: Fifi Zuniarti

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here