Berapa Lama Waktu Ideal Tidur Orang Dewasa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki waktu tidur yang cukup mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Manusia normalnya membutuhkan sepertiga hidupnya untuk tidur karena tidur merupakan elemen penting untuk bertahan hidup. Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar pentingnya kualitas tidur yang baik dan cenderung tidak tau lama waktu tidur yang baik.

Tentunya kebutuhan tidur antara bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia berbeda-beda. Kebanyakan dewasa muda dan dewasa menghabiskan waktunya lebih banyak untuk berkutat pada pekerjaan tanpa peduli kecukupan tidurnya. Tidur nyenyak semalaman dan jika kamu bangun dalam keadaan segar menandakan kualitas tidur yang baik.

Udia dewasa muda (18-25 tahun) dan usia dewasa (26-64 tahun) memerlukan tidur 7-9 jam per hari, atau minimal tidak kurang dari 6 jam per hari. Sedangkan usia 64 tahun, waktu tidur yang dianjurkan adalah 7-8 jam per hari.

Untuk mengetahui berapa lama sebenarnya seseorang harus tidur di malam hari, tim peneliti di Nasional Sleep Foundation (NSF), Amerika Serikat yang terdiri dari 18 spesialis di bidang kesehatan tidur, anatomi manusia, ahli pediatri, ahli syaraf, pakar ilmu kesehatan usia lanjut, dan ahli kandungan membentuk sebuah panel. Mereka mengamati dan menganalisis selama dua tahun demi mendapatkan panduan tepat durasi tidur yang baik.

Hormon yang dilepaskan dari tubuh ketika tidur juga berguna dalam mengatur nafsu makan. Hal ini yang membuat orang yang kurang tidur makan lebih banyak dibandingkan mereka yang cukup tidur. Pola tidur yang baik dan teratur baik untuk siklus bioritmik tubuh. Tubuh akan terbiasa dengan siklus tetap sehingga dapat mengeluarkan hormon sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.

Pola tidur yang tidak teratur justru akan membuat pengeluaran hormon dari dalam tubuh menjadi kacau sehingga malah membuat seseorang menjadi stres. Mengantuk pada waktu yang tidak diinginkan dalam jangka panjang memicu tekanan darah tinggi. Bagi orang dewasa, tidur menjadi hal yang sangat sulit dilakukan.

Terdapat bukti medis bahwa tidur delapan jam atau sembilan jam dapat membantu performa tubuh dan otak. Jika tidak bisa tidur cukup setiap malam, kamu dianjurkan untuk mengambil waktu tidur siang kira-kira 40 menit atau kurang. Tapi, hal itu hanya boleh dilakukan jika kamu benar-benar tidak bisa tidur cukup pada malam hari. Diusahakan untuk tetap tidur selama delapan atau sembilan jam.

Untuk menciptakan pola tidur yang baik, kamu harus menciptakan tidur yang berkualitas terlebih dahulu. Tindakan pertama yang perlu diambil untuk menciptakan tidur yang berkualitas adalah mempersiapkan diri sendiri. Salah satunya adalah menghindari gawai saat masuk waktu untuk tidur.

Kamu juga boleh meminum segelas susu hangat untuk membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak, disarankan untuk memilih susu rendah lemak dan tanpa gula. Selain itu, pastikan kondisi diri dan kamar tidur nyaman. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk tidur dan buat suasana kamar menjadi teduh, seperti membuat suhu ruangan sejuk serta meredupkan lampu kamar. Kamu juga tidak boleh mengonsumsi makanan berat, kopi atau teh sebelum tidur, dan sebaiknya menghindari olahraga di malam hari. Selamat Tidur!

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini