MINEWS, JAKARTA – Lebaran sebentar lagi! Kalian pasti sudah sibuk mempersiapkan segalanya untuk menyambut Idul Fitri ya gaes. Salah satunya yang biasanya gak pernah terlewatkan adalah mempersiapkan kue-kue kering khas Lebaran.

Umumnya, kue yang gak pernah terlupakan adalah nastar dan kastengel. Tapi sesekali coba deh pilihan kue atau cookies lain untuk disajikan saat Lebaran. Seperti 5 cookies unik berikut ini misalnya. Yuk simak ulasannya!

Nastar Jambu Mede

Yang ini juga nastar sih, tapi yang bikin beda adalah bentuknya yang super unik dan warnanya yang menggoda. Yuk lihat langsung resepnya!

Bahan bahan :
42 pcs nastar
250 g margarin
250 g mentega
100 g gula halus
4 btr kuning telur
700 g tepung terigu
4 sdm susu bubuk fullcream
250 g kacang mede goreng, belah

Bahan isi :
Selai nanas

Bahan olesan :
3 butir kuning telur
3 sdm minyak goreng
3 sdt susu kental manis

Pewarna :
Oranye, kuning tua dan hijau muda

Cara membuat :
Kocok sebentar margarin, mentega, gula dan telur, cukup sampai tercampur saja.
Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan selai nanas. Bentuk seperti jambu, beri kacang mede di ujungnya. Susun di loyang tipis, beri jarak satu dengan yang lain.
Oven dengan suhu 140°C selama lebih kurang 30 menit.
Keluarkan dari oven, dinginkan di suhu ruang. Lalu poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga mengkilat (sekitar 10 menit).
Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat.

Milo Doggie Cookies

Haduh cookies yang satu ini bentuknya imut dan gemas banget. Bikin gak tega makannya. Ini dia resepnya.

Bahan bahan :
180 gr butter
80 gr millo
1 sdm gula pasir
200 gr terigu kunci
25 gr maizena
25 gr susu bubuk

Hiasan :
3 bungkus cococrunch kec @1500an
Secukupnya chocochip + meses

Cara membuat :
Campur terigu + susu bubuk + maizena ayak sisihkan.
Kocok margarin + gula + milo kurleb 3 menitan (tambah vanily + pasta cokelat sedikit).
Masukkan campuran terigu aduk rata.
Bulatkan, pasang cococrunch, beri chocochip untuk hidung, meses untuk mata, lalu oven hingga matang.

Nastar Jagung

Yang ini juga nastar, tapi bentuknya cantik sekali dan gak biasa. Coba yuk praktikkan resepnya di rumah!

Bahan bahan :

Bahan selai :
1 kg nanas tanpa kulit (2 buah nanas ukuran besar)
220 gram gula pasir warna kecoklatan
4 cm kayu manis
5 buah cengkih
sejumput garam

Bahan nastar :
100 gram margarin
150 gram mentega/butter
2 butir kuning telur
50 gram gula pasir
1 sdt vanilla extract
300 gram tepung terigu serba guna
20 gram susu bubuk full cream
50 gram tepung maizena

Bahan olesan :
2 buah kuning telur ayam (warna orange)
2 sdm minyak canolla (bisa pakai minyak sayur yang lain)
1/2 sdt susu kental manis

Cara membuat :
Buat selainya: parut nanas, taruh diwajan masak sampai kering airnya, tambahkan gula, garam, kayu manis dan cengkih, aduk2 sampai kering lalu angkat, dinginkan dan bentuk bulat2 sebesar 1/2 sdt atau sesuai selera.
Siapkan semua bahan.
Mixer gula, vanillla ekstrak, mentega, margarin dan kuning telur, kurang lebih 1 menit, jangan terlalu lama mengocok nanti nastarnya melebar saat dipanggang.
Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk dengan spatula kayu sampai rata.
Jangan sampai over mix ya, ini gambar adonan setelah tercampur rata
Ambil adonan kurang lebih 3 sdm lalu beri warna hijau daun, secukupnya saja.
Ambil adonan tanpa warna sebesar 1 sdt lalu beri isian.
Bentuk bulat lonjong, bagian atas lebih besar dari bagian bawah.
Lalu kerat2 dengan punggung pisau (saya pakai punggung pisau buah). Ambil sedikit adonan hijau pilin2 bagi 2, pipihkan.
Tempel di bagian atas samping nastar, rapikan.
Susun di atas loyang, olesi loyang dengan margarin, tipis2 saja. Lalu oven dengan suhu 150℃ selama 30 menit, sesuaikan dengan oven masing2 ya
Keluarkan dari oven, biarkan dingin, baru dioles.
Campur bahan olesan.
Oles satu persatu.
Oles 1 kali saja. Diamkan kurang lebih 5 menit agar permukaan olesan sedikit mengering.
Lalu oven kembali dengan suhu 100℃ selama 10-15 menit atau sampai olesan kering dan mengkilap.
Angkat dan dinginkan, lalu masukkan di toples.
Tekstur dalamnya, empuk, lumer.

Burger Nastar

Wah, nastar juga bisa dibuat mirip burger lho gaes! Gimana resepnya? Yuk intip langsung!

Bahan bahan :
1 kilo terigu (sangrai)
200 gram maizena (sangrai)
300 gram butter
400 gram mentega
250 gram gula halus
150 gram keju parut (bisa skip)
6 butir kuning telur (3 kuning telur mentah+3 telur rebus)
2 sdm vanila essense

Bahan isian+toping :
secukupnya selai nanas, sokade (buah kering), dan wijen buat atasnya

Bahan olesan :
2 butir kuning telur
2 sdm minyak sayur
2 sdm air
3 tetes pewarna makanan kuning

Cara membuat :
Mix butter, mentega, gula, telur, aduk sampai rata, setelah rata masukkan keju, vanila essense.
Masukkan terigu dan maizena, aduk sampai kalis dan bisa di pulung (cetak).
Bentuk bulat lalu sobek bagian tengahnya dengan pisau, kasih selai. Setelah itu kasih sokade untuk bagian pinggirnya. Bentuk guratan kecil di bagian belakang nastar (agar seperti burger sungguhan)
Panggang dengan api 140 derajat selama 20 menit atau sesuaikan dengan open masing-masing.
Setelah 20 menit, keluarkan nastar dari open, oles dengan bahan olesan di atas lalu taburi wijen secukupnya.
Dan masukkan open lagi selama 10 menit, tunggu sampai matang dan dingin, lalu sajikan untuk keluarga tercinta.

Cookies Ulat Daun

Cookies yang satu ini unik banget! Bentuknya mirip ulat daun gaes. Pasti bakal jadi sajian mencuri perhatian saat Lebaran nanti. Ini nih resepnya!

Bahan bahan :
200 gr tepung maizena
125 gr butter
80 gr SKM
100 gr chocochip buat hiasan mata

Cara membuat :
Campur jadi satu butter dan SKM sampai tercampur rata.
Masukkan maizena aduk-aduk sampai bisa dipulung.
Ambil sedikit adonan bentuk seperti ulat gunakan sisir untuk membuat garis-garis di punggungnya.
Beri chocochip lakukan sampai habis.
Panggang suhu 150°C selama 20-25 menit atau sampe matang.
Dinginkan masukkan dalam toples kedap udara.
Selamat mencoba!