Benarkah Telinga Berdengung Pertanda Ada yang Membicarakanmu? Ini Faktanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Banyak cerita mengenai hal yang terjadi pada diri seseorang. Salah satunya telinga berdengung yang kerap diartikan sebagai tanda karena ada yang sedang membicarakan orang tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, orang dulu percaya bahwa, kalau telinga sebelah kanan berdengung itu artinya ada seseorang yang sedang membicarakan hal yang baik.

Hal itu sebaliknya, jika yang berdengung telinga sebelah kiri, maka ada seseorang yang sedang membicarakan hal buruk.

Ternyata kepercayaan bahwa dengungan berarti ada yang membicarakan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Dalam buku Natural History yang ditulis oleh Gaius Plinius Secundus lebih dari 2.000 tahun lalu, tertulis kata tinnire yang berarti berdengung.

Kata tinnire inilah yang kemudian menjadi asal-usul kata tinnitus. Tinnitus (dering di telinga) sendiri artinya adalah sensasi telinga mendengar dering, dengungan, siualan, atau bunyi-bunyi seperti “nging” di dalam telinga.

Secundus menyebut cerita mengenai tinnitus dan kepercayaan soal adanya orang lain yang sedang membicarakanmu, sudah ada setidaknya sejak 2 abad lalu.

Secara sains, sensasi dan bunyi yang didengar oleh orang-orang yang mengalami tinnitus adalah berbeda-beda. Tinggi rendahnya bunyi yang didengar, atau jenis bunyi yang terdengar ketika telinga berdengung ternyata dipengaruhi oleh detak jantung.

Sementara itu, secara umum tinnitus tidak berbahaya bagi kesehatan dan bukan suatu penyakit. Namun jika dengung telinga terjadi terus-menerus, kemungkinan ada masalah di dalam dirimu. Terutama bila dengungan tersebut menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini