Crematology (Foto: Intsagram/@crematology)

MINEWS, JAKARTA – Pelajar dan mahasiswa emang nggak bisa dipisahkan sama yang namanya tugas, baik itu tugas individu ataupun kelompok. Dengan banyaknya tugas, ditambah pikiran yang lagi suntuk banget, nggak jarang banyak yang mengeluh dan berakhir mandek untuk mengerjakannya.

Sebenarnya, suasana menyenangkan saat nugas atau kerja kelompok itu bisa kamu ciptakan sendiri, loh! Misalnya dengan pergi ke suatu cafe yang membuatmu nyaman untuk mengerjakan tugas.

Nah, berikut ada beberapa rekomendasi cafe yang cocok banget untuk dijadikan tempat mengerjakan tugas dan kerja kelompok. Simak, yuk!

1. The Reading Room

Dari namanya aja pasti terbayang kan seperti apa suasana di sana? Yup, cafe dengan konsep seperti perpustakaan ini cocok banget buat tempat nugas, kerja kelompok atau sekadar membaca buku.

Dengan iringan musik serta makanan dan minumannya, dijamin kamu bakal nyaman di sini. Cafe yang terletak di Jl. Kemang Timur, Jakarta Selatan ini buka dari pukul 10.00–00.00 untuk hari Minggu hingga Rabu, dan 10.00 – 02.00 di hari Kamis hingga Sabtu.

View this post on Instagram

Private collection.

A post shared by ReadingRoomJkt ☕️?? (@readingroomcafejkt) on

Konsepnya yang unik membuat The Reading Room juga sering digunakan sebagai tempat bertemunya berbagai komunitas peluncuran buku dan literasi, pemutaran film, Stand-Up Comedy, dan kegiatan lainnya.

Pemilik café ini adalah Richard Oh, yang merupakan seorang sutradara dan penulis film. Kalau kamu lagi beruntung, bisa aja kamu ketemu owner dan teman-teman artisnya yang sering mampir ke sini, seperti Joko Anwar, Reza Rahadian, Christin Hakim, Tio Pakusodewo, dan banyak lagi.

2. Comic Café

Ada café lain yang juga menawarkan konsep yang unik, yaitu Comic Café. Buat penggemar komik, kalian harus banget datang ke café yang belokasi di Tebet, Jakarta Selatan ini.

View this post on Instagram

#comiccafe #tebetbuffet #tempatnongkrongjakarta

A post shared by Comic Cafe (@comiccafeid) on

Kenapa cocok untuk dijadikan tempat belajar? Karena di sini, kamu bisa membaca komik sebagai selingan belajar kamu supaya nggak terlalu stress. Café ini buka dari pukul 10.00 sampai pukul 23.00 di setiap harinya.

Di sini kamu tidak akan bosan karena terdapat beberapa pilihan spot yang nyaman banget untuk sekadar membaca, mengerjakan tugas sekolah, maupun diskusi kelompok. Dengan desain komik warna-warni di dindingnya, dijamin kamu bakal betah berlama-lama di sini.

3. Bookopi

Café yang terdapat di dalam Apartemen Kalibata City ini punya konsep belajar ala perpustakaan. Ada banyak buku yang diletakkan dengan rapi di rak-rak besar. Enaknya lagi, buku-buku itu bisa kamu baca langsung di tempat atau dipinjam, loh!

Karena konsepnya seperti pepustakaan, jadi kamu nggak boleh berisik ya saat belajar di sini, apalagi saat kerja kelompok. Tapi bedanya, di sini kamu bisa belajar sambil makan dan minum.

Dengan suasana yang sepi dan tenang, dijamin kamu bisa fokus untuk nugas di sini, deh!

4. Paradigma Cafe

Masih di Jakarta, kali ini ada di kawasan Cikini. Meski letaknya agak ngumpet, tapi tempat ini nyaman banget buat nugas, kerja kelompok, ataupun meeting.

Konsep cafe ini mungkin seperti cafe pada umumnya, tapi suasana yang asri dan menenangkan sangat mendukung untuk bisa fokus ngerjain tugas. Uniknya, café ini mengandalkan sinar matahari sebagai pencahayaan alami.

Kalau kamu udah merasa penat banget, kamu bisa keluar dan menikmati ruangan terbuka dengan rerumputan hijau yang Instgramable. Nugas sekaligus menambah feeds Instagram, lumayan kan?

5. Crematology Coffee Roasters

Bisa dibilang, interior café ini paling nyaman daripada café sebelumnya karena ada sofa yang lumayan besar dan empuk. Kamu bisa istirahat sebentar saat merasa suntuk sambil tiduran di sofa.

Café ini sudah punya beberapa cabang, loh! Cabangnya menyebar di Senopati, PX Pavilion Puri, Cilandak, Phinisi Point Makassar, dan Golden 8 Serpong.

Alasan lain mengapa Crematology Coffee Roasters cocok untuk mengerjakan tugas ataupun kerja kelompok adalah, adanya wifi dan soket listrik. Wah, perhatian banget ya pemilik cafenya!

Untuk harga makanannya, nggak usah khawatir karena masih terjangkau dengan kantong pelajar dan mahasiswa. Jadi, nggak masalah kalau kamu di tempat ini seharian. (Dinda)