Beginilah Olahan Telur di Berbagai Negara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA– Di berbagai dunia, pasti orang sudah makan telur selama ribuan tahun. Dahulu, terdapat kontroversi mengenai sehat tidaknya telur terutama tentang kolestrol. Nyatanya, telur itu menyehatkan karena dapat menjadi sumber protein dan nutrisi yang baik. Sekitar 12,6 persen bagian telur yang dikonsumsi adalah protein.

Manfaat dari telur sendiri yakni, membantu memperbaiki jaringan tubuh, mengandung vitamin dan mineral, menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah degenerasi macula dan lain sebagainya. Adapun jenis telur yang dapat dikonsumsi selain telur ayam yakni, telur bebek, telur kalkun, telur angsa, telur puyuh, kaviar, telur hilsa, telur ayam kampung dan telur ayam kate. Tetapi sebagian orang lebih memilih telur ayam karena mudah dicari, diolah dan harganya terjangkau. Untuk itu, kita dapat mengolah telur menjadi menu yang praktis. Umumnya, telur diolah dengan cara direbus dan didadar. Apa saja jenis olahan telur yang dapat disajikan?

Pertama, Telur Pindang. Buat kamu pecinta gudeg pasti sudah tak asing dengan makanan pendamping ini. Telur pindang merupakan produk olahan telur tradisional yang menggunakan bahan penyamak protein.  Telur rebus berwarna coklat ini memiliki beragam jenis, ada yang disajikan dengan kuah dan kering (tanpa kuah). Untuk menu yang satu ini dapat kamu temukan di gudeg.

Kedua, Shakshuka. Makanan yang satu memang asing di dengar namanya. Shakshuka adalah sebuah hidangan telur ceplok yang dicampur dengan saus tomat, cabai, dan bawang bombai. Hidangan ini sering kali diberi rasa pedas dengan jintan putih. Makanan ini berasal dari Israel, Tunisia dan Libya.

Ketiga, Kerak Telur. Hidangan yang satu ini merupakan makanan khas Jakarta. Untuk makanan yang satu ini, cara dimasaknya cukup unik dan memiliki rasa yang gurih serta lezat saat disantap. Tak hanya telur ayam, kerak telur ini dapat berupa telur bebek. Cara membuatnya pun cukup mudah, telur ditaruh bersamaan dengan beras ketan putih di wajan, lalu dibakar di atas arang. Setelah matang, telur diletakkan di atas kertas coklat lalu ditaburi serundeng. Selanjutnya dibungkus dengan cara digulung rapi.

Keempat, Egg Drop Soup. Hidangan berupa telur ini berasal dari Cina. Egg drop soup merupakan sup telur yang dicampurkan dengan jamur, rebung, jahe dan dimasak dengan kuah kaldu ayam yang gurih. Untuk hidangan yang satu ini memiliki rasa sedikit pedas dan asam yang lezat untuk disantap. Dalam egg drop soup ini telurnya telah dihancurkan bentuk teksturnya creamy. Makanan yang satu ini cocok disantap untuk yang sedang berdiet karena tak mengandung lemak yan berlebihan.

Kelima, Eggs en Cocote. Hidangan telur yang satu ini bukan digoreng melainkan dikukus. Cara memasakanya cukup mudah dan dapat dijadikan menu sarapan. Olahan telur satu ini datang dari Prancis. Cara penyajiannya cukup dalam sebuah mangkuk bersama dengan cream serta butter. Biasanya juga ditambahkan dengan kentang dan bacon yang membuat rasanya semakin lezat.

Keenam, Egg Curry. Hidangan telur ini memang sangat terkenal di India. Mereka membuat kari dengan campuran cabai merah bubuk, ketumbar, dan kunyit sebagai kuah untuk telur rebus tersebut, tak lupa juga dengan bawang serta tomat. Sebenarnya makanan yang satu ini dapat kita temukan di Indonesia. Namun, yang membuat berbeda bumbu-bumbu kari telur khas India inilah yang memiiliki citarasa tersendiri.

Ketujuh, Kwek Kwek. Makanan ini merupakan jajanan pinggir jalan khas Filipina. Kwek Kwek merupakan telur rebus yang dicelupkan ke dalam adonan tepung berwarna orange, kemudian digoreng. Hidangan ini biasanya disajikan dengan taburan garam dan dicelupkan ke dalam saus BBQ.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini