Begini Panduan ‘Social Distancing’, Yuk Cegah Penyebaran Virus Corona!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Social distancing sedang ramai dan digalakkan karena disebut sebagai langkah ampuh untuk cegah dan atasi penyebaran virus corona. Langkah tersebut dilakukan agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Belum lama ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meminta masyarakat untuk menerapkan social distancing untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona di tanah air.

Pernyataan mengenai social distancing ini sendiri disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor pada Minggu 15 Maret 2020 lalu.

“Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Yang penting saat ini adalah social distancing, bagaimana kita menjaga jarak (dari kerumunan),” ujar Presiden Jokowi.

Berikut panduan untuk mencegah penyebaran virus corona dengan social distancing:

1. Hindari kontak secara berdekatan denhan orang lain

Menurut ahli epidemiologi UC San Francisco Jeff Martin, MD, MPH, dan George Rutherford, III, MD, menganjurkan untuk menghindari kontak dekat dengan orang lain untuk menghindari penangkapan virus sendiri dan untuk menghindari menularkannya.

2. Sebagai tindakan pencegahan di lingkungan

Social distancing juga dapat secara efektif meluas ke tindakan pencegahan lingkungan seperti mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh yang mungkin menularkan virus, kata Martin.

3. Hindari pertemuan besar

Banyak kota ataupun perusahaan telah mendorong social distancing dengan melarang pertemuan besar, mendorong telecommuting dan menutup sekolah.

4. Hindari menggunakan transportasi umum

Bisa saja transportasi umum yang digunakan penuh sesak. Hal ini pastinya meminimalisir bersinggungan dengan orang lain, kita dapat mengurangi risiko tertular virus sebaik mungkin.

Bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun, parah akhi menyarankan untuk tinggal di rumah saja. Pasalnya, lansia merupakan kelompok paling rentan tertular virus.

5. Panduan ke restoran dan tempat umum lainnya

Bagi orang muda, pergi ke restoran atau tempat umum lainnya tak masalah. Yang perlu diingat adalah untuk selalu menjaga kebersihan. Misalnya, bersihkan permukaan alat yang dipakai dengan disinfektan.

Sementara untuk pergi ke tempat ramai, di mana harus bersinggungan dengan orang lain, para ahli meminta untuk memikirkan risiko yang akan dihadapi. Tempat ramai misalnya bar atau pertunjukan musik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini