Begini Gaes Waktu Kerja Metabolisme di Dalam Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Layaknya roda kehidupan yang dilakukan manusia ketika bangun hingga tidur kembali, tubuh juga memiliki waktu sendiri untuk melakukan pekerjaannya. Waktu tersebut sudah ditentukan sesuai dengan jam kerja bagian-bagian tubuh, namanya adalah metabolisme tubuh. 

Berikut organ-organ pada tubuh serta jam pekerjaannya.

1. Paru-Paru

Umumnya manusia akan batuk-batuk atau bersin pada pukul 03.00-05.00. Itu merupakan hal yang wajar, sebab paru-paru sedang bekerja melakukan detoksifikasi atau membuang atau menetralkan racun melalui hati, usus besar, ginjal, dan kulit.

2. Usus Besar

Meski tidak semua orang, di jam 05.00-07.00 dinilai baik untuk melakukan aktifitas BAB atau buang air besar. Setelah menerima racun dari paru-paru, usus besar akan bekerja dalam hal pembuangan racun yang harus segera dilakukan.

3. Lambung

Di jam 07.00-09.00, lambung bekerja dalam hal penyerapan makanan. Pastikan pada pukul tersebut lambung harus diisi dengan makanan yang mengandung serat, vitamin, dan energi yang cukup agar selalu ideal dalam beraktifitas.

4. Limpa

Limpa memiliki 2 waktu kerja dalam sehari, pukul 09.00-11.00 adalah waktu limpa mengirimkan berbagai serat, vitamin atau energi ke masing-masing organ penerima setelah menerima hasil serapan dari lambung. Di jam ini, manusia akan merasakan lesu dan ngantuk karena makanan yang diserap di pagi hari telah disebar ke berbagai organ lain.

Sedangkan pukul 21-23 malam merupakan waktu limpa melakukan pembuangan racun serta proses regenerasi sel limpa.

5. Jantung

Di dalam tubuh manusia, jantung bersifat panas, sehingga saat pukul 11.00-13.00, manusia diharapkan tidak melakukan aktifitas berat dan berpanas-panasan yang dapat membuat kerja jantung tidak maksimal.

6. Usus Kecil

Satu jam setelah jam makan siang, tepatnya pukul 13.00-15.00, usus kecil akan bekerja dalam hal menjaga kesimbangan cairan di dalam tubuh. Saat sedang bekerja yang mengharuskan menatap layar laptop, manusia secara tidak sadar akan mengalami pusing yang diakibatkan kelelahan.

Maka dari itu agar tidak terjadi, sering-seringlah minum atau makan kudapan agar tidak kehilangan cairan yang dapat membuat tubuh kehilangan keseimbangan

7. Kandung Kemih

Kandung kemih bekerja dalam hal menerima cairan sisa dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari tubuh. Prosesnya terjadi pada pukul 15.00-17.00.

8. Ginjal

Herbalis dari Daun Hijau Mediabetea Antony Kiro mengatakan pada pukul 17.00-19.00, ginjal bekerja dengan sangat baik. Ginjal memiliki hubungan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak serta sum-sum tulang belakang manusia.

Ia juga menambahkan, di jam saat ginjal bekerja, akan sangat baik bila dipakai untuk belajar. Sedangkan, pada balita yang tidur di jam tersebut baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

9. Selaput Jantung

Selaput jantung bekerja pada pukul 19.00-21.00, dengan memberi perlindungan dan menyimpan cairan untuk melumasi jantung. Di jam ini, manusia diharapkan untuk tidak mengkonsumsi makanan, sebab lambung tidak bekerja pada jam tersebut.

10. Liver

Liver bekerja pada pukul 23.00-03.00. Setelah seharian manusia bekerja dan memasukan semua jenis makanan ke dalam tubuh, waktunya liver bekerja untuk membuang semua racun. Ada baiknya, saat liver bekerja, manusia diharapkan harus sudah beristirahat tidur.

Reporter : Rama Kresna Pryawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini