Begini Cara Rawat Mobil agar Tetap Sehat di Tengah Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak pemilik mobil tentu jarang menggunakan mobil selama masa pandemi corona (covid-19) ini. Kendaraan pun dibiarkan terpakir di garasi. Meski begitu, membiarkan kendaraan diam terlalu lama, bisa membuat kuda besi kesayangan cepat rusak lho.

Nah berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat mobil kamu yang lama parkir di garasi rumah dari mobil88. Silahkan disimak.

Panaskan Mesin 3 Hari Sekali

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan, nyalakan mobil minimal setiap 3 hari sekali. Pasalnya, jika mobil terlalu lama diam maka akan bermasalah pada aki atau baterai. Dengan cara ini kamu juga telah merawat aki, paling tidak panaskan mesin 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki.

Mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari. Jangan lupa cek juga kondisi air aki jika aki mobil Anda masih menggunakan tipe aki basah. Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah ya.

Jaga kebersihan mobil

Kebersihan mobil dapat dijaga dengan mencuci sisi eskterior dan membersihkan interior mobil paling tidak seminggu sekali. Pastikan setiap sudutnya dicuci bersih agar terbebas dari kotoran, terlebih ada virus atau bakteri yang menempel.

Perhatikan transmisi dan rem tangan

Transmisi dan rem tangan juga tidak luput untuk diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi otomatis, pastikan ada di posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

Gunakan cover mobil

Bagi kamu yang tidak memarkir mobilmu di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari dan dijemur langsung. Jika kondisi seperti ini, maka kamu dapat menggunakan cover mobil untuk menjaga cat mobil menjadi pudar dan kusam karena sinar matahari. Pastikan juga lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

Cek Kondisi Pelumas dan Cairan Lainnya

Jangan lupa untuk cek kondisi pelumas dan cairan lainnya pada mobilmu. Misal cek pelumas mesin bisa dengan memantau lewat dipstick, atau melihat tabung cadangan air radiator dan juga kondisi ketinggian pada minyak rem. Kalau ada pengurangan atau terlihat berada dibawah indikator normal, maka cukup ditambahkan saja.

Selain itu, jika mesin mobil tidak rutin dinyalakan, maka ada kemungkinan oli mesin akan mengendap di bagian bawah mesin. Jika sudah begitu, ini artinya fungsi oli untuk melumasi bagian mesin akan berkurang. Sebaiknya ganti oli terlebih dahulu jika mobil sudah terlalu lama diam dan mesin tidak dinyalakan secara rutin sebelum digunakan lagi.

Angkat wiper kalau garasi tidak beratap

Hal ini sebenarnya perlu dilakukan jika mobil kamu parkir di garasi tanpa atap. Wiper dapat diangkat apabila mobil diparkir di area parkir terbuka. Ketika suhu panas di luar, karet wiper akan lebih cepat rusak ketika terus menempel pada kaca mobil. Namun kamu tidak perlu mengangkat wiper apabila mobilmu diparkir di garasi rumah yang teduh.

Periksa tekanan angin ban

Tekanan angin pada ban dapat berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu lama terlebih di garasi berlantai keramik dan menyebabkannya rata sebelah atau flat spot. Kamu dapat menambahkan tekanan angin paling tidak ditambah sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini