Begini Cara Dapatkan Diskon Tarif Listrik Gratis dari PLN untuk Agustus 2020
Petugas PLN mengganti meteran listrik di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu (15/5/2019). Irfan Adi Saputra/kumparan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia, PLN kembali menghadirkan layanan tarif listrik gratis di bulan Agustus 2020. Layanan ini diperuntukkan bagi pelanggan listrik rumah tangga 450 VA dan 900 VA.

Diskon 100 persen alias gratis diberikan bagi pelanggan 450 VA dan untuk pelanggan 900 VA diberikan potongan 50 persen. Sementara bagi pengguna pasca bayar, diskon bakal diberikan langsung dengan potongan dalam tagihan.

Berikut ada 2 tata cara untuk memperoleh diskon tersebut yang dilansir dari situs resmi PLN, Minggu 2 agustus 2020.

Langkah pertama, silahkan login langsung ke website resmi PLN.

Pelanggan cukup mencari menu pelanggan, kemudian pilih stimulus COVID-19. Kemudian pelanggan diminta memasukkan nomor ID rekening listriknya. Lalu, token akan muncul di layar, untuk kemudian bisa diinput pada meteran.

Langkah kedua adalah dengan cara mengirimkan pesan via WhatsApp (WA).

Awalnya silahkan chat ke kontak PLN di nomor 08122-123-123. Kemudian, pengguna akan diberikan balasan dengan format sebagai berikut:

Halo Electrizen
Ketik 1 untuk info listrik gratis/diskon stimulus covid-19
Ketik 2 untuk baca meter mandiri pemakaian listrik (pascabayar).

Lalu, balas dengan tulisan ‘Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/Diskon Stimulus COVID19’.

Format pesan otomatis yang akan Anda terima selanjutnya adalah sebagai berikut:

Halo electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA subsidi (sesuai data terpadu kesejahteraan sosial) dan pelanggan bisnis dan industri 450 VA.

Silakan masukkan ID pelanggan/nomor meter Anda ya?

Jika sudah menerima pesan tersebut, maka pelanggan harus mengirimkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik. Setelah itu sebuah pesan otomatis berisi token gratis/diskon listrik akan Anda terima dan siap digunakan.

Sementara itu, bagi pelanggan pra bayar harus klaim token listriknya terlebih dahulu. Besaran diskon bagi pengguna pra bayar sendiri dihitung berdasarkan dari pemakaian listrik tertinggi dalam 3 bulan mulai dari Januari-Maret 2020.

Sebagai informasi, program diskon listrik ini merupakan salah satu insentif dari pemerintah untuk masyarakat kecil menghadapi pandemi. Diskon tarif listrik ini diberikan mulai April hingga September 2020.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here