Begini Cara Biasakan Anak Cintai Hewan Sejak Kecil
Begini Cara Biasakan Anak Cintai Hewan Sejak Kecil

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah sepatutnya manusia perlu menyayangi dan melindungi hewan. Hal ini penting dilakukan mengingat hewan juga merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang berhak untuk hidup dan berkembang biak dengan bebas.

Nah, supaya kebiasaan cinta terhadap hewan menjadi kuat, hal ini perlu dibiasakan dari dalam keluarga. Setiap orang tua wajib untuk mendidik sang buah hati agar memiliki rasa sayang terhadap hewan.

Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan dalam mengajarkan anak untuk menyayangi hewan :

1. Bacakan buku cerita tentang hewan
Biasanya untuk tahap awal, orang tua boleh memilih buku cerita dengan karakter hewan. Dengan cara itu diharapkan dapat mendidik anak dalam menumbuhkan rasa untuk menyayangi hewan.

2. Menonton film seputar hewan
Orang tua juga bisa melakukan kegiatan lain bersama si Kecil dengan mengajaknya menonton film seputar hewan. Hal ini akan membuatnya mengetahui tentang kehidupan hewan.

3. Ajak ke kebun binatang
Cara bijak lainnya adalah mengajak anak ke kebun binatang. Cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan kepada anak tentang wujud asli hewan yang mungkin selama ini sudah dilihat di TV atau buku cerita. Edukasi tersebut dapat menimbulkan rasa suka pada hewan.

3. Memelihara hewan
Jika si Kecil sudah mulai tumbuh keinginan memelihara binatang, maka orangtua bisa coba membeli hewan peliharaan.

Dan tidak harus yang langsung besar, hewan-hewan kecil seperti ikan, kelinci, atau burung bisa jadi tahap pengenalan dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap hewan peliharaannya.

4. Memberi contoh
Orangtua yang ingin anaknya bisa menyayangi hewan juga harus memberi contoh yang baik. Mungkin awalnya anak bingung harus menyikapi hewan seperti apa dan bagaimana, jika orangtua bisa memberikan contoh, maka anak pun akan mengikuti. Misalnya dengan mengelus hewan, memberi makan ikan atau memandikan kucing.

5. Bermain dengan hewan
Selain itu, orang tua juga bisa mengajak si Kecil bermain dengan hewan. Ajak anak untuk berinteraksi langsung dengan hewan di sekitar rumah seperti kucing, kupu-kupu, dan lain-lain. Cara ini akan menyadarkannya bahwa binatang akan merasa senang, jika diberi kasih sayang yang sama seperti dirinya.

Semoga bermanfaat!

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here