Begini Beda Janda Bolong Asli dengan Yang Palsu!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanaman Monstera atau yang lebih dikenal dengan Janda Bolong sedang digemari para pecinta tanaman hias hingga masyarakat biasa. Akibatnya harga tanaman dengan daun berlubang dan corak bercak putih tersebut melambung tinggi sekarang.

Meski begitu tidak mengurangi minat orang untuk membelinya. Begitu banyaknya peminat, beberapa oknum penjual bahkan rela melakukan aksi jahat dengan menjual Monstera palsu terutama kepada pembeli yang awam.

Maka, Kamu perlu mengetahui ciri khas Janda Bolong yang asli agar tidak tertipu para penjual jahat itu.

Tanaman Janda Bolong asli biasa memiliki daun berwarna hijau polos yang berukuran besar dan batangnya berukuran kecil dengan warna hijau polos.

“Ciri khas daun lainnya berbentuk hati dan berjari. Jika Anda membeli Monstera yang masih baby, bentuknya belum berjari. Apabila sudah berusia tiga bulan pasti berjari. Catatannya yang asli pasti berjari,” ujar pemilik akun Youtube The Ryans.

Pada jenis Janda Bolong Variegata memiliki daun berwarna hijau juga. Namun, terdapat motif berwarna putih atau kuning. “Tapi untuk yang bagus warnanya putih,” ujarnya lagi. Serta memiliki bentuk daun dan batang yang sama seperti pada tanaman Janda bolong biasa.

Penjual yang menipu pembeli awam biasanya mengatakan tanaman Siri Gading yang masih kecil disebut anakan Janda Bolong jenis Variegata. Sebab, bentuk anakan tanaman itu dan Janda Bolong Variegata memiliki kesamaan jika diperhatikan sepintas.

Anakan kedua tanaman itu memiliki daun berbentuk hati, garis-garis daun yang mirip, dan ruas daunnya pun terdapat bolong-bolong. Padahal, ciri khas Janda Bolong jenis Variegata memiliki ruas yang lebih banyak dari pada Siri Gading. Kemudian, batang Siri Gading warna hijau dan terdapat warna campuran kuning.

Siri Gading tidak memiliki lekungan pada batang daunnya, hal itu terdapat di Janda Bolong. Lekukannya bagus dan daunnya besar.

Oknum penjual yang jahat akan menggunakan pemutih baju untuk membuat semburat putih pada daun Janda Bolong jenis biasa, lalu dijual dengan harga Rp. 500.000.

Maka, diperlukan ketelitian sebelum membeli tanaman hias Janda Bolong agar tidak tertipu penjual jahat. Jangan, juga hanya karena harga murah tergiur membayar tanpa menelitinya. Semoga pembahasan di atas dapat membantu, sebelum membeli tanaman Janda Bolong adar tidak tertipu. (Reporter: Marlita Nursanti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini