Hantu pocong gegerkan warga Purbalingga
Ilustrasi hantu pocong (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pocong merupakan sosok hantu yang paling relate dengan prosesi pemakaman di Indonesia. Orang Indonesia, khususnya masyarakat Muslim melakukan prosesi pemakaman dengan membungkus jenazah menggunakan kain kafan. Nah konon, hantu pocong hadir karena belum dibukanya tali kafan yang mengikatnya.

Bak di film-film, konon pocong merupakan arwah sang mayat yang minta pertolongan untuk dibukakan tali pocongnya. Setelah melansir dari beberapa sumber mengenai hadirnya sosok pocong, mereka berawal dari asap yang muncul tepat di tengah-tengah pusara makamnya.

Lalu, asap tersebut mulai menjelma menjadi makhluk-makhluk kecil yang melompat-lompat dari tengah kuburannya ke arah kakinya, lalu ke kepalanya. Lama-lama sosok itu akan menyempurnakan dirinya menjadi sosok pocong yang siap berkeliling meminta pertolongan warga.

Meski kondisi kaki terikat, rupanya pocong memiliki kemampuan melompat kesana kemari. Tak jarang, pocong juga akan melayang-layang untuk menakuti para manusia. Wajahnya yang seram dengan mata melotot, akan membuat siapapun ‘ngacir’ jika melihatnya.

Konon, beberapa orang percaya pocong bukanlah jelmaan arwah penasaran orang yang telah meninggal. Mereka yakin orang yang sudah meninggal sudah memiliki alamnya masing. Nah, hantu pocong melainkan perwujudan dari makhluk halus yang ingin menakut-nakuti manusia.

Percaya gak percaya, pocong memiliki bau yang busuk bahkan seperti bangkai. Menurut kesaksian orang-orang pocong juga kerap menganggu dengan menip lehermu dari belakang. Hmm, jadi berasa ada yang niup gak gaes?

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here